Belatung Keluar dari Kulit Bocah, Penyebabnya adalah Hewan

Memelihara hewan di rumah, seperti kucing atau anjing memang menjadi hobi beberapa pecinta hewan. Akan tetapi, siapa sangka jika tanpa perawatan yang benar. Hewan-hewan tersebut dapat membahayakan pemiliknya atau juga orang lain di rumah tersebut.

Tetapi, bukan hanya hewan peliharaan saja yang bisa berbahaya. Karena ternyata, ada jenis lalat yang sangat berbahaya bagi manusia. Penasaran dengan jenis lalat ini?

Beberapa waktu yang lalu, seorang bocah mengalami sakit yang luar biasa lantaran banyaknya belatung yang keluar dari dalam kulit sang bocah. Sang orang tua pun sampai panik dan membawanya ke dokter untuk mengetahui penyebab sesungguhnya.

Seorang ibu di Filipina menceritakan pengalaman anaknya yang membuat traumatis.

Kejadian itu diceritakan di Facebook Colaljo Nalitnab Monique, Selasa (2/10/2018).

Awalnya ia menemukan empat bisul di lengan, kepala, dada, dan jari anaknya.

Ia mengira itu infeksi lalu membawa anaknya ke dokter dan diberi krim antibiotik.

Namun anaknya sering berterik, “kepalaku” atau “kakiku”.

Wanita tersebut memberikan obat pereda nyeri setiap anaknya berteriak kesakitan seperti itu.

Gurunya juga mengatakan, bocah itu sering berteriak, “Kepalaku, kepalaku”.

Pada hari ketiga, wanita tersebut memeriksa tangan anaknya dan melihat bisul telah terbuka.

Ia juga melihat nanah lalu menekannya, dan tiba-tiba keluar belatung hidup.

Wanita tersebut terkejut, tetapi tidak bisa pergi ke rumah sakit karena sudah malam.

Lalu mereka menelepon dokter dan disarankan untuk menekan semua bisul.

Kemudian ia bersihkan lukanya, dan dokter juga memberikan antibiotik.

Dokter menjelaskan, penyebabnya adalah lalat tumbu.

Penyebarannya lewat telur yang diletakkan di pakaian basah dan rumput.

Telur itu akan masuk ke kulit lalu menjadi belatung.

Wanita itu mengatakan, belatung bergerak itulah yang menyebabkan sang anak menangis pada malam hari sambil berteriak, “Kepalaku, kepalaku”.

Mengenal Bahaya Lalat berdasarkan Jenisnya

Jadi, ada beberapa jenis lalat yang sangat berbahaya bagi manusia karena ia bisa bertelur di dalam kulit manusia. Jenis lalat ini adalah lalat tumbu. Masi kita simak ulasan berikut ini.

Lalat Bot

Hasil gambar untuk lalat tumbu

https://www.merdeka.com

Jenis lalat ini sangat berbahaya, Karena mereka dapat menyebarkan telur mereka melalui nyamuk atau lalat lain. Ketika lalat atau nyamuk tersebut hinggap di tubuh manusia, maka telur tersebut akan menempel ke tubuh manusia. Ukuran telur tersebut juga sangat kecil sehingga akan sangat sulit untuk dideteksi. Telur tersebut dapat masuk ke dalam tubuh melalui luka yang terdapat dari manusia. Kemudian telur tersebut akan menetas menjadi larva dan larva tersebut dapat memakan jaringan tubuh manusia, sehingga menimbulkan luka – luka yang cukup serius.

Lalat Tse Tse

Hasil gambar untuk lalat tse tse

https://mediskus.com

Pasti sudah banyak yang mengenal lalat ini bukan! Lalat ini hanya dapat dijumpai di daratan Afrika, lalat ini terkenal karena mereka dapat menyebar penyakit tidur. Penyakit tidur ini cukup berbaya, karena setelah anda tergigit dan terinfeksi penyakit tidur maka anda akan terus mengantuk dan tertidur hingga badan anda lemas dan meninggal.

 Lalat Screw

http://anaxkolonx.blogspot.com

Lalat jenis ini hampir sama seperti lalat Bot, tetapi bedanya lalat screw meletakkan telurnya pada makanan manusia. Sehingga telur tersebut akan masuk ke dalam perut manusia dan menetas menjadi larva yang akan memakan bagian dalam tubuh manusia.

Cochliomyia Hominivorax

Hasil gambar untuk Cochliomyia Hominivorax

http://entnemdept.ufl.edu

Lalat ini sangat berbahaya, karena lalat ini memiliki rahang kuat yang dapat menimbulkan luka pada manusia, setelah menimbulkan luka lalat ini akan masuk kedalam tulang dan syaraf manusia hingga masuk ke dalam aliran darah manusia dan kemudian menyebabkan infeksi kepada manusia hingga berdampak pada kematian. Untungnya lalat ini masih terdapat di negara Afrika bagian Timur dan Tengah.

Lalat Tumbu

Gambar terkait

http://siakapkelinews.blogspot.com

Berbeda dengan semua jenis lalat diatas, lalat jenis ini meletakkan telurnya di tanah. Kemudian jika ada manusia ataupun hewan yang menginjaknya maka telur tersebut akan menempel di kaki dan menetas menjadi larva yang dapat masuk kedalam kaki manusia ataupun hewan tersebut, sehingga mereka akan memakan daging dari kaki tersebut.

Siapa sangka jika kelima jenis lalat ini akan sangat membahayakan tubuh manusia hingga menyebabkan pada kematian. Nah, jadi mulai sekarang jauh lebih waspada lagi terhadap lalat-lalat di sekitarmu ya?

 

 

Shares

Powered by moviekillers.com