Akibat Dijilat Anjing, Pria Harus Alami Amputasi

Memiliki hewan peliharaan, tentu memang menjadi kesenangan bagi banyak orang. Tak hanya itu saja, kebanyakan dari hewan peliharaan mampu menghibur dan membuat bahagia pemiliknya di kala sedih dan juga merasa lelah karena aktivitas seharian. Hla inilah yang membuat banyak orang memutuskan untuk memiliki hewaan peliharaan. Di antaranya banyak hewan peliharaan, hewan yang kerap dijadikan sebagai hewan peliharaan ialah kucing dan anjing.

Namun, justru seorang pria ini mengalami nasib nahas ketika memelihara anjing di rumahnya. Bukan karena anjing tersebut galak dan menyerang, akan tetapi karena jilatan anjing tersebut. Nasib pria ini justru menyedihkan dan tak terpikirkan sama sekali dibenaknya.

Bagaimana kisah pria tersebut?

Tentu kamu seringkali mendapati bahwa hewan peliharaanmu manja dan ingin selalu menjilat beberapa bagian tubuhmu. Mungkin, menurutmu hal tersebut adalah hal yang biasa. Akan tetapi, rupanya ada bahaya yang menghantui dibaliknya lho.

Meski anjing dianggap sebagai hewan yang setia dengan majikannya, tapi lain halnya dengan apa yang dialami pria bernama Greg Mantuefel ini. Greg adalah seorang pria yang memiliki hobi naik motor Harley.

Tak hanya itu, pria asal West Bend, Amerika Serikat ini juga sangat menyukai anjing. Dia akan sangat tertarik ketika melihat anjing manapun yang ada di depan matanya.

“Dia akan menyentuh anjing manapun; dia tidak peduli,” jelas sang istri, Dawn.

Tak disangka, dirinya justru harus mengalami nasib tragis akibat seekor anjing.

Kejadian tersebut berawal pada 27 Juni 2018 saat Greg tiba-tiba merasa sakit. Dalam hitungan beberapa jam, tubuh Greg mulai mengalami syok septik. Keluarga Mantuefel pun segera melarikan pria tersebut ke rumah sakit.

Belakangan diketahui bahwa Greg mengalami infeksi yang disebabkan oleh bakteri Capnocytophaga Canimorsus. Bakteri tersebut biasa ditemukan di anjing dan kucing yang sehat. Namun, di lain sisi, ada bahaya mengerikan jika anjing atau kucing tersebut mengigit manusia.

Melansir penelitian dari National Center for Biotechnology Information, bakteri tersebut bisa menyebabkan sepsis parah dan syok septik fatal, luka membusuk di jari, meningitis hingga infeksi mata.

Para dokter yang menangani Greg percaya bahwa pria tersebut mengalami infeksi darah setelah medapat jilatan anjing.

Dawn menjelaskan bahwa bakteri tersebut menyerang suaminya dengan parah.

“Luka lecet di seluruh badannya, seperti seseorang yang dipukuli pemukul baseball.”

Tapi, kondisi Greg tak sampai di situ saja. Beberapa hari setelah dirawat, dokter harus mengamputasi 2 kaki Greg.

Ketika mereka sadar bahwa infeksinya makin parah, Greg menjalani operasi kedua untuk mengamputasi hingga lutut.

2 Tangan Greg juga diamputasi mengingat semua jari dan telapak tangannya juga infeksi.

Bahkan infeksi tersebut merambat ke wajah dan dokter menyebut pria tersebut butuh operasi lanjutan untuk membentuk ulang hidungnya.

Melansir Washington Post, selama ini Greg hidup dikelilingi 8 anjing sebelum jatuh sakit.

Namun, Dawn tak tahu anjing yang mana yang menularkan bakteri ke suaminya.

Meski telah kehilangan anggota badan, Dawn mengaku bahwa suaminya masih tetap berpikiran positif.

“Dia berkata pada dokter, ‘Lakukan apa yang harus kamu lakukan untuk membuatku hidup’,” jelas Dawn.

Wah, rupanya ada dampak berbahaya lho bagi kesehatan jika kamu dijilat oleh anjing atau hewan peliharaan sejenisnya.

Parasit

Penyakit ini sangat mungkin terjadi jika terbiasa membiarkan anjing peliharaan menjilati wajah kamu. Batra menjelaskan ketika hewan peliharaan kamu menjilat kotoran dan anus anjing lainnya, air liur mereka akan mengandung cacing tambang dan gelang.

Kedua parasit tersebut dapat mengakibatkan penurunan nafsu makan, batuk, diare, bahkan demam jika masuk ke dalam  tubuh kamu. Oleh sebab itu, berpikirlah dua kali untuk membiarkan anjing peliharaan menjilati wajah kamu.

Sakit perut

Semua anjing akan mengendus semua hal, termasuk benda-benda kotor seperti kotoran. Hal inilah yang menyebabkan anjing membawa bakteri yang dapat ditularkan melalui air liurnya, menurut Batra.

Bakteri, seperti Cryptosporidium, Clostridium, E. Coli, Salmonella, Pasteurella, Leptospira, dan Campylobacter, yang umumnya ditularkan oleh anjing dapat menyebabkan sakit perut, diare, demam, mual, dan muntah.

Ruam dan gatal

Batra mengatakan jilatan anjing dapat menularkan kurap, infeksi jamur yang menimbulkan ruam pada kulit. Reaksi ini dapat berlangsung hanya dalam beberapa menit saja.

Jika hal tersebut terjadi pada kamu, sebaiknya obati infeksi dengan krim dan salep antijamur, serta obat-obatan oral. Meski bisa diobati, sebaiknya mulai berpikir untuk tidak membiarkan anjing peliharaan menjilati wajah kamu.

 

 

 

Shares

Powered by moviekillers.com