Tak Sadar Idap Penyakit Mematikan, Rupanya Hanya Karena Gigit Kuku

Terkadang sebuah kebiasaan yang kamu pikir tidak berbahaya dan tidak merugikan seringkali terus-menerus kamu lakukan tanpa mewaspadai dampak yang akan timbul setelahnya.

Misalnya saja, kebiasaan menggigiti kuku jari. Tentu anak-anak kecil seringkali melakukan kebiasaan tersebut.

Meski tak semua anak-anak memiliki kebiasaan serupa, namun ternyata orang dewasa sekalipun masih ada lho yang memiliki kebiasaan seperti itu.

Tanpa disangka-sangka, seorang pria mengalami nasib buruk karena kebiasaaannya menggigiti kuku jarinya.

Bahkan, karena hal tersebut ia sampai menderita penyakit mematikan yang bisa merenggut nyawanya begitu saja.

Kira-kira kenapa ya?

Luke Hanoman Merseyside, seorang pria yang diketahui berasal dari Inggris ini dinyatakan mengidap sebuah penyakit yang mematikan.

Penyebabnya adalah karena ayah dari dua orang anak ini memiliki kebiasaan buruk, yaitu menggigiti jari kukunya.

Selama kurang lebih seminggu, ia mengalami gejala mirip dengan gejala flu hingga harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

Usai mengalami gejala tersebut, Luke yang bekerja di sebuah gudang ini merasa dirinya semakin lemah dari biasanya.

Tiba-tiba saja, ia mengalami rasa sakit yang amat sangat tak tertahankan di bagian jari tangannya.

Meski merasa sakit, ia sama sekali tak mengetahui apa penyebab sakitnya dan juga seberapa parah kondisinya kala itu.

“Saya sering menggigit kuku saya sepanjang waktu untuk menutupi rasa gugup,” kata Luke yang mengingat insiden tersebut.

“Dan suatu hari saya menggigit kulit di sisi kuku saya. Sedikit sakit tapi saya tidak memikirkannya,”

“Saya sedang bekerja sepanjang minggu dan mulai mengalami gejala seperti flu yang secara bertahap semakin memburuk,” ungkapnya.

Beruntung, sang ibu menyadari bahwa ada yang tidak beres dengan kesehatan anaknya. Keputusan terbaik pun segera ibunya ambil untuk menyelamatkan anaknya.

Ia pun memanggil NHS, helpline medis Inggris di nomor 111, dan pada saat itulah Luke dirawat di ruah sakit dan segera dipakaikan infus.

Luke kemudian didiagnosis dengan sepsis hingga membuatnya dan juga orang terdekatnya shock.

“Ibuku mengajakku ke rumah sakit,” kata Luke.

“Hal berikutnya yang saya tahu adalah, saya sedang ditandu dan infus di lengan saya. Itu sedikit mengejutkan,” tambahnya.

Sepsis adalah komplikasi serius dari infeksi yang menyebabkan tubuh menyerang organ vitalnya.

Jika tidak ditangani secara tepat waktu dapat menyebabkan kegagalan organ dan bahkan kematian.

Setelah dia dirawat di rumah sakit, Luke diawasi ketat selama empat hari dan dokter mengatakan bahwa Luke beruntung masih hidup.

Kini Luke sudah pulih, dan ia ingin menyebarkan kesadaran tentang betapa mudahnya sepsis terjangkit dalam tubuh.

Dan ia juga ingin mencegah orang lain mengalami situasi yang sama seperti dirinya.

Gejala pada sepsis itu termasuk seperti pusing, diare, belang-belang pada kulit, serta kulit yang memerah atau menjadi pucat.

Shamir Patel, pendiri dan apoteker di Chemist-4-U.com berkata,

“Sangat penting bagi kami untuk mencoba meningkatkan kesadaran akan penyakit yang membunuh begitu banyak orang karena kebiasaan buruk menggigit kuku, namun masih publik masih tidak memiliki kesadaran,” katanya.

Luke tidak tahu tentang gejalanya, tapi untungnya ia mendapatkan perawatan tepat waktu,”

“Saya tidak tahu apa-apa tentang sepsis sebelum ini. Saya hanya berpikir saya mengalami suhu badan yang tinggi dan mungkin itu virus,” kata Luke.

“Saya tidak tahu apa itu sepsis dan saya tidak tahu tentang gejala yang harus diwaspadai. Perlu ada lebih banyak kesadaran,” tambahnya.

“Akhirnya, mereka mendapat infeksi di jari saya dan semua kotoran pun keluar. Saya belum pernah melihat begitu sampah sebelumnya,” kata Luke menutup wawancara.

Bahaya Menggigiti Kuku Jari

Kamu memiliki kebiasaan menggigiti kuku jari? Alangkah lebih baiknya, jika kamu menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Agar kamu tak alami hal yang sama seperti apa yang dialami oleh Luke.

  1. Gangguan pencernaan

Kuku menjadi salah satu spot bakteri tumbuh dengan baik. Ketika kamu malas untuk mencuci tangan dan mulut kamu menyentuh jari kotor itu, maka paparan bakteri atau kuman menjadi lebih mudah. Kalau sudah begitu, tubuh kamu akan mudah terkontaminasi bakteri yang berasal dari kuku kamu sendiri.

2. Infeksi Kuku

Iritasi secara terus-menerus yang terjadi pada kuku kamu, bisa saja membuat kuku infeksi. Kalau sudah begitu, rasa tidak nyaman di kuku pun akan kamu rasakan. Dan kalau sudah ada infeksi, maka tangan kamu menjadi sulit untuk dipakai pada kegiatan sehari-hari. Kondisi ini juga memudahkan penyebaran kuman bakteri di tubuh kamu.

3. Luka di Tangan Picu Persebaran HPV

Ketika kamu terbiasa dengan menggigit kuku, maka infeksi kecil di kuku pun bisa menjadi masalah besar ketika ada paparan faktor penyebab lainnya. Pada kondisi infeksi, bakteri mudah sekali masuk ke tubuh melalui mulut. Dan perlu kamu ketahui, luka di kuku itu biasanya mengandung human papillomavirus atau HPV. Bahaya!

Hentikan kebiasaan menggigit kuku ya guys?

 

 

Shares

Powered by moviekillers.com