Tahukah Kamu Wajah Patung Pancoran Sebenarnya?

Jika kamu berkunjung ke Kota Jakarta untuk berlibur atau sekedar berkunjung ke rumah sanak saudara, kemungkinan besar kalian akan mendapati patung yang terkenal dengan sebutan Patung Pancoran ini. Apalagi jika kamu mendarat di Bandar Udara Halim Perdana Kusuma, kemungkinan besar kamu bisa mendapati Patung Pancoran tersebut.

Monumen Patung Dirgantara atau yang lebih dikenal dengan Patung Pancoran adalah salah satu monumen berbentuk patung yang terdapat di Kota Jakarta. Monumen ini terletak di daerah Pancoran, Jakarta Selatan. Monumen ini tepatnya berada di depan kompleks perkantoran Wisma Aldiron Dirgantara yang dulunya merupakan  Markas Besar TNI Angkatan Udara (AU).

Patung ikonik ini dibuat oleh seorang seniman patung asal Yogyakarta, Edhie Soenarso. Mempunyai tinggi 11 meter dan tiang penyangga 27 meter, rasanya orang-orang hanya bisa melihatnya dari bawah.

Namun pernahkah kamu melihat wajah asli Patung Pancoran?

Menurut penuturan Saridin, ahli konservatori dari Balai Konservasi Dinas Pariwisata, wajah Patung pancoran adalah wajah sang penciptanya Edhie Soenarso. Namun untuk model patungnya adalah sosok Soekarno.

Patung ini memang memiliki tinggi yang cukup lumayan dan dengan pose yang cukup menarik. Namun, baru-baru ini akibat fotografer yang dengan sengaja membidik dan mengunggah foto patung tersebut ke instagram, alhasil membuat patung tersebut dengan cepat menjadi perbincangan banyak pihak.

Berkat kemajuan teknologi dengan adanya drone, akhirnya terungkap juga bagaimana rupa wajah Patung Pancoran. Foto yang diunggah dari akun instagram Rudy Sunandar @ryu_rudy mengobati rasa penasaran kita. Dengan memakai drone, ia pun mengabadikan bentuk wajah si patung dan inilah hasilnya

https://pbs.twimg.com/media/C88KuFgU0AAINKN.jpg:small

Diketahui bahwa foto Patung Pancoran yang tersebar di dunia maya adalah bidikan dari salah seorang fotografer bernama Rudy Sunandar. Rudy bercerita mengenai bagaimana awalnya dia memutuskan untuk memotret Patung Pancoran lengkap dengan wajahnya. Padahal biasanya kebanyakan fotografer hanya memilih untuk memotret patung ini tampak keseluruhan dan dari jarak yang lumayan jauh sehingga wajah si patung bahkan tidak nampak sama sekali.

Foto tersebut diambil Rudy pada pekan lalu, sekitar pukul 17.00WIB. Foto tersebut diambil dari atas Wisma Aldiron, Pancoran, Jakarta Selatan. Gedung Wisma Aldiron berjarak sekitar ratusan meter dari Patung Pancoran berdiri.

Pria yang juga berprofesi sebagai fotografer tersebut mengaku bahwa dirinya hanya sekedar iseng saat tengah bermain drone di atas gedung yang lokasinya terbilang tidak terlalu jauh dari Patung Pancoran tersebut. Sehingga tiba-tiba saja dia tertarik untuk mengabadikan foto Patung Pancoran tersebut.

Memang pada kesempatan kala itu dia sedang mengikuti sebuah acara drone racing yang bertempat di hotel yang mana dijadikan tempat sebagai pengambilan foto Patung Pancora tersebut.

Pada awalnya dia hanya sekedar menjalankan drone miliknya ke segala arah. Sambil memandangi keindahan pemandangan Kota Jakarta dari ketinggian. Namun tiba-tiba saja dia melihat patung tersebut dan terpikir untuk melihat bagaimana sih rupa dari si Patung Pancoran tersebut. Hingga akhirnya dia mengarahkan drone tersebut ke arah wajah patung tersebut.

Rudy kemudian menerbangkan drone nya sejauh kira-kira sekitar 500 meter. Hingga akhirnya terbidiklah foto Patung Pancoran miliknya. Dia pun akhirnya memutuskan untuk mempostingnya ke sosial media. Meski hanya iseng tanpa disangka-sangka justru fotonya tersebut dalam waktu sekejap berhasil menyita banyak perhatian publik.

Ke depannya, Rudy berharap untuk bisa mengabadikan lebih banyak foto patung-patung yang ada di Kota Jakarta. Misalnya, Patung Tani dan Patung Selamat Datang mungkin bisa menjadi objek bidikan selanjutnya.

Beredarnya foto rupa Patung Pancoran ini membuat para netizen ramai berkomentar di banyak foto yang diunggah maupun dibagikan, antara lain:

Seorang pengguna Twitter dengan nama akun @nyopus berkomentar, “Selama ini emang gue penasaran ma mukanya. Thank you :).”

“Thanks! Matanya berasa hidup yah, ngeri ngeri sedap!” tulis @gearyjrt.

“Baru ini lihat detailnya… Melesat ke angkasa…” komentar @bangunsu.

“Waw warbiasa ini toh bentuk wajah patungnya..” tulis @bayuandhikariz1.

Bagaimana menurut kamu penampakan si Patung Pancoran ini? Foto ini akhirnya sangat berjasa untuk mengobati rasa penasaran orang-orang yang sering lalu lalang dan penasaran dengan wajah asli Patung Pancoran ini. Semoga banyak karya-karya menarik yang bisa diperlihatkan kepada kita ke depannya ya?

 

 

 

Shares

Powered by moviekillers.com