Saat Video Mantan Presiden Soeharto Ditanya Anak SD Muncul Lagi

Beberapa waktu lalu video yang sudah pernah beredar lama pun kembali diunggah dan diperbincangkan oleh publik. Bahkan, ada juga yang membagikan ulang video dari masa lalu tersebut dan menjadi booming  kembali. Memang kadang kala daya tarik sesuatu di masa lalu membuat orang menjadi mengenang kenangan tersebut di masa mendatang.

Setelah beredar video live siaran berita oleh Ira Koesno dan Arif Suditomo yang tengah tertawa di tengah-tengah  live membacakan siaran berita beberapa waktu silam saat keduanya masih aktif menjadi penyiar berita televisi. Beberapa waktu ini publik juga dihebohkan dengan unggahan kembali video Mantan Presiden RI Soeharto yang tengah ditanyai oleh anak SD.

Soeharto, dikenal sebagai presiden yang memiliki gaya kepemimpinan yang lembut namun tegas. Hal ini terlihat saat ia mengundang anak-anak SD pada Hari Anak Nasional, Rabu 13 Juli 1994.

Sebuah video pendek yang memperlihatkan sesi tanya jawab antara Presiden RI ke-2, Soeharto dengan murid SD ramai diperbincangkan di media sosial.

Temu Wicara Presiden Soeharto pada Hari Anak Nasional di Istana 13071994, beginilah jawaban Presiden Soeharto ketika ditanya oleh salah satu anak SD yang di undang ke komplek istana negara, Jakarta, dalam suatu acara.

Dalam video berdurasi 1:45 menit itu terlihat Presiden Soeharto sedang berbicara di depan puluhan anak-anak.

Presiden Soeharto terlihat menyempatkan sesi tanya jawab kepada perwakilan murid.

Menariknya, ada satu anak yang justru melontarkan pertanyaan yang cukup mengejutkan.

Ia bertanya mengapa presiden di Indonesia cuma satu.

“Mengapa presiden di Indonesia cuma satu, padahal Indonesia sangat luas?,” tanya seorang anak yang mengaku perwakilan dari Sulawesi Tengah.

Diawali tawa ringan, dengan cepat Presiden Soeharto merespon pertanyaan tersebut.

“Ya terang itu..nanti kalau.. Kenapa presiden cuma satu, untuk memimpin negara dan bangsa itu. Kalau sampai dua-tiga nanti lantas tidak bisa berjalan dengan baik,” jawabnya.

Presiden Soeharto pun melanjutkan jawabannya, bahwa presiden yang hanya satu itu melaksanakan apa yang diputuskan oleh rakyat.

“Walaupun satu, tapi sebetulnya terikat kepada garis besar haluan negara, terikat kepada Pancasila, terikat kepada Undang-undang Dasar 45. Jadi memang ndak boleh, menurut Undang-undang memang harus satu,” paparnya.

Barangkali merasa pertanyaan itu agak ‘berat’ untuk ukuran siswa SD, akhirnya Presiden Soeharto pun penasaran lalu balik bertanya kepada anak itu.

“Kenapa kamu tanya begitu?,” tanya presiden.

Dengan nada setengah tertawa, presiden pun kembali mengulangi pertanyaannya.

“Kenapa kamu bertanya begitu? Siapa yang suruh, siapa?,” tanyanya diikuti tawa sejumlah rombongan.

Bukan hanya pertanyaan tentang kenapa Presiden Indonesia hanya satu, beberapa anak pun mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada Soeharto dan jawaban nya pun selalu dengan sangat seius tanpa memandang umur dan tingkatan sekolah anak-anak tersebut.

Video itu sebenarnya sudah diunggah di Youtube pada akhir Juli 2016, namun kembali viral karena dibagikan netizen.

Melihat video tersebut, banyak netizen yang justru merasa ngeri.

Wahyuda Pratama kok aku takut ya lihat wajah pak soeharto saat nanya balik ke anak itu…

Life is Art6 INILAH HEBATNYA REZIM SOEHARTO… COBA BAYANGKAN..ANAK KECIL AJA NANYA UDAH DICARI SIAPA YANG NYURUH…

@quatrosofia berasa horornya ditanya begitu. Emang beda ini aura Presiden. Antara keren dan takut.

@AOeij masi idup gk yang nanya?

@edwin_basuki itu anak yg nanya msh hidup smp skrng?

Untuk diketahui, Presiden Soeharto merupakan presiden kedua Indonesia, menggantikan Ir Soekarno.

Ia berkuasa selama 32 tahun, sejak tahun 1966 sampai dengan 1998 di masa Orde Baru.

Sejauh ini, pemerintahan Soeharto tercatat sebagai periode pemerintahan presiden terlama dalam sejarah rezim penguasa di Indonesia.

Gaya kepemimpinan Soeharto yang memang terbilang cukup baik meski seringkali dianggap kejam dan tegas. Meski begitu, hal ini membuat dirinya pun menjadi Presiden dalam waktu yang cukup lama. Sikapnya yang tegas dan sangat berwibawa membuatnya disegani dan bahkan ditakuti oleh banyak orang.

Namun memang banyak perubahan dalam kepemimpinan Soeharto kala itu. Meski begitu gaya tegasnya hingga kini masih diingat dan dikenang oleh sebagian orang di Indonesia, tentunya orang-orang di zaman kepemimpinan Presiden Soeharto masih ingat dong ya?

 

Shares

Powered by moviekillers.com