Pro dan Kontra Festival Melupakan Mantan

Timbulnya banyak hal yang diiringi dengan pro dan kontra. Menjadikan setiap hal tidak bisa sembarangan untuk dilakukan sesuka hati. Karena salah-salah hal tersebut akan dapat menimbulkan masalah yang cukup rumit untuk diselesaikan. Bulan Februari dikenal dengan peringatan hari kasih sayang, lantas apa yang diperdebatkan?

Sehubungan dengan hari kasih sayang atau yang lebih akrab disebut dengan valentine yang diperingati pada bulan ini. Menjadikan banyak daerah, mall atau pusat perbelanjaan, dan tempat-tempat lainnya yang berlomba-lomba untuk membuat acara peringatan tersebut. Namun, tidak jarang yang memprotes adanya peringatan ini. Bahkan, tidak sedikit yang menolak dan tidak sedikit pula yang mendukung.

Baru-baru ini, selain dengan berita-berita seputar pemerintahan ada juga hal menghebohkan lainnya, yaitu dengan adanya acara Festival Melupakan Mantan yang akan diselenggarakan di Yogyakarta pada 11-13 Februari 2017 di Halaman Kantor Redaksi Kedaulatan Rakyat.

Kota ini ini dikenal memiliki acara untuk memperingati hari valentine yang berbeda-beda di setiap tahunnya, dan sejak tahun 2015 silam acara bertajuk “Festival Melupakan Mantan” ini sudah diadakan dengan tema yang bervariasi. Namun yang menarik, acara Festival Melupakan Mantan ini juga di protes oleh sebagian pihak.

Acara ini sebenarnya dikhususkan bagi Kamu yang sedang sendiri akibat patah hati  dan kesulitan untuk melupakan mantan atau yang lebih dikenal dengan move on. Jadi, acara ini bertujuan untuk membuat kamu yang mengalami kesulitan untuk bangkit setelah putus, agar lebih bisa semangat kembali untuk menjalani kehidupan.

Sayangnya, acara ini diprotes oleh Forum Demokrasi Digital dengan berbagai alasan, antara lain:

  1. Acara ini dikaitkan dengan pelanggaran UU No.28 Tahun 2014 yang berkaitan dengan menggunakan foto orang lain.
  2. Kurangnya kontrol usia peserta.
  3. Ketidakjelasan tujuan acara.

http://www.hipwee.com/feature/festival-melupakan-mantan-jogja-acara-valentine-khusus-jomblo-sayang-perayaan-tahun-ini-diprotes/

Dari beragam alasan tersebut, maka Forum Demokrasi Digital memutuskan untuk memprotes acara tersebut. Hal yang ditakutkan adalah jika acara tersebut disalahgunakan dan cukup meresahkan. Selain itu, peserta acara ini juga kebanyakan adalah anak SMP-SMA yang masih termasuk ke dalam usia di bawah umur.

Terlepas dari itu semua. Meskipun diprotes, ternyata tidak sedikit juga yang mendukung dan merespon acara ini secara positif. Lantas mengapa mantan itu harus dilupakan sih?

  1. Semua yang terjadi didasarkan atas beragam alasan.
  2. Kamu tidak akan menemukan orang yang tepat, jika terjebak dengan orang yang salah.
  3. Jika selalu terpaku pada masa lalu, maka patah hati akan terasa berulang-ulang kali.
  4. Semua tidak akan sama lagi.
  5. Yang terbaik akan datang di waktu yang tepat.

Alasan-alasan itu adalah hal yang mendasari mengapa Kamu harus sesegera mungkin melupakan mantan. Karena jika dikenang dan diingat-ingat terus, akan lebih banyak sakit hati yang dapat Kamu rasakan. Hal itu pun rupanya akan sangat mengganggu dan menyita banyak waktu Kamu. Jika ingin lebih cepat melupakan mantan, rasanya lakukan saja banyak aktivitas yang positif dan menarik. Sehingga tidak akan ada waktu yang terbuang untuk mengingat masa lalu Kamu. Dengan begitu akan lebih mudah untuk Kamu melupakan mantan.

Jika dipikir-pikir lagi. Sebenarnya, mungkin acara Festival Melupakan Mantan ini juga bagus untuk diadakan. Karena tujuannya adalah membuat para kaum patah hati kembali bersemangat untuk menjalani hidup. Selain itu, panitia juga menyarankan para peserta untuk membawa barang-barang pemberian mantan atau barang-barang yang mengandung kenangan tentang mantan, yang akhirnya nanti akan dikumpulkan dan dinonasikan kepada pihak yang jauh lebih membutuhkan. Sangat positif bukan?

Jika tahun lalu barang-barang dari mantan yang terkumpul kemudian dimusnahkan. Berbeda dengan tahun ini panitia lebih memilih untuk melakukan hal yang positif terhadap sesama. Justru, hal inilah yang sejujurnya menjadikan nilai plus bagi acara ini. Karena terbukti, bahwa pada tahun ini akhirnya ada kemajuan dan perbaikan dari acara sebelumnya.

Jadi, jika kamu sendiri yang berpendapat. Setuju atau tidak setuju nih dengan acara Festival Melupakan Mantan ini? Semua tergantung pada pemahaman dan pemikiran kalian masing-masing bukan? So, intinya pro dan kontra akan selalu ada di dalam setiap kejadian. Karena kita berasal dari banyak hal yang berbeda-beda, wajar kan jika berbeda pendapat?

Shares

Powered by moviekillers.com