Pontianak Dihebohkan dengan Rencana Pembangunan Tugu Kuntilanak

Semakin hari semakin aneh saja pemberitaan di Indonesia. Mulai dari dunia politik, pemerintahan, sosial, hiburan dan masih banyak lagi. Hal-hal inilah yang menjadi bahan perbincangan netizen di dunia nyata maupun di dunia maya. Kali ini, Pontianak menjadi salah satu Kota yang menghebohkan netizen. Rencana pemerintah Kota Pontianak ini pun mulai menuai aksi oleh masyarakat setempat. Apa sih yang heboh dari salah satu kota di Provinsi Kalimantan Barat ini?

Baru-baru ini pemerintah Kota Pontianak berhasil menyita perhatian banyak orang atas rencananya membangun Tugu yang dijuluki sebagai Tugu Kuntilanak. Tugu Kuntilanak ini rencananya akan dibangun di salah satu sudut Kota Pontianak. Mengenai desain pun sudah dirancang dan ditetapkan. Rencana yang benar-benar dibuat secara cermat ini, akankah tetap terlaksana meski penolakan dimana-mana?

Meskipun keseluruhan dari rencana pembangunan tugu ini sudah matang. Tidak tanggung-tanggung, banyak masyarakat yang melakukan penolakan terhadap rencana tersebut. Alasannya adalah tugu ini dicemaskan akan menimbulkan efek ngeri ke masyarakat dan juga mendatangkan hal-hal aneh yang meresahkan. Namun, alasan berbeda diberikan oleh penggagas pembangunan tugu ini. Menurutnya, sosok hantu perempuan berambut panjang ini akan sangat cocok dijadikan sebagai landmark Kota Pontianak.

Dengan adanya kritikan-kritikan tentang rencana tersebut, pemerintah malah menghimbau kepada masyarakat untuk mengirimkan aspirasinya. Rupanya selain menuai penolakan dan kritikan terhadap rencananya, tidak sedikit yang memberikan dukungan positif terhadap hal tersebut. Perbedaan pro dan kontra pun tidak dijadikan persoalan oleh pemerintah untuk menghentikan rencana ini. Justru, semangat pun semakin terlihat di mata pemerintah Kota Pontianak.

Tugu yang digadang-gadang akan menjadi salah satu tugu yang diharapkan mampu menyaingi atau menyamai landmark-landmark yang dimiliki oleh negara-negara di luar negeri ini. Nyatanya, dibuat berdasarkan sosok hantu perempuan yang banyak ditakuti oleh manusia. Namun, sosoknya yang mengerikan ternyata mampu membuat pemerintah kota ini menemukan ide untuk membuat tugu sesuai dengan karakter tersebut.

Tugu kuntilanak ini, nantinya akan dibangun sesuai dengan bentuk dan sosok hantu tersebut dan difungsikan bagi para wisatawan untuk melihat atau menikmati pemandangan Kota Pontianak dari atas tugu kuntilanak itu. Memang aneh sih rencana ini jika dipikir-pikir, namun nyatanya protes dari masyarakat pun tidak banyak diindahkan oleh pihak penyelenggara. Sepertinya, pembangunan ini akan tetap direalisasikan meskipun belum ada waktu yang pasti, kapan tugu ini akan mulai resmi dibangun.

Digambarkan secara singkat, apabila Tugu Kuntilanak ini akan didirikan setinggi 100 meter, cukup tinggi jika dibandingkan dengan gedung TVRI di Kota tersebut yang memiliki tingggi kurang dari 50 meter. Tugu ini ditandai dengan icon perempuan berambut panjang menjuntai ke bawah menutupi wajah. Untuk membayangkannya saja, sudah cukup membuat bulu kuduk Kamu merinding. Apalagi, jika Kamu berkunjung ke Kota Pontianak dan menyaksikannya secara langsung. Jika Kamu tak kuat mental, lebih baik urungkan saja niat untuk melihat tugu tersebut. Daripada jantungan atau pingsan di tempat.

Sebenarnya banyak ide yang bisa diambil atau diangkat untuk dijadikan sebagai tema pendirian tugu sebagai icon Kota Pontianak. Entah mengapa, tema mistis lebih menarik untuk diangkat. Hal ini bisa saja didasari, bahwa tidak dapat dipungkiri zaman sekarang menuntut hal-hal aneh untuk diangkat ataupun diabadikan melalui foto-foto yang nantinya akan di upload ke sosial media. Anak-anak muda pun cenderung mencari spot-spot foto aneh untuk hunting foto atau sekedar sebagai tempat nongkrong sembari mengobrol. Jadi wajar apabila pemerintah daerah akhirnya menggagas rencana tersebut.

Meski berdalih bahwa Tugu Kuntilanak ini akan dapat meningkatkan Pendapatan Asli daerah (PAD). Rasa-rasanya jika benar-benar dibangun, tugu ini akan banyak menimbulkan sisi negatifnya dari pada positifnya. Hal itulah yang ditakutkan oleh banyak pihak. Namun, jika hal ini benar-benar akan terealisasikan. Semoga pada akhirnya hal-hal yang dikhawatirkan tadi tidak akan terjadi. Justru keinginan dan harapan positif yang direncanakan oleh pemerintah daerah dapat terwujud.

Siapkan mental, siapkan nyali kamu. Jangan sampai Kamu takut dan akhirnya pingsan. Buat warga Pontianak, selamat menanti pembangunan Tugu Kuntilanak di Kota Kamu.

 

Shares

Powered by moviekillers.com