Patung Macan Kodam Siliwangi “Menyeringai” Bikin Ngakak

Petugas Kodam ataupun tentara tentunya memiliki wajah yang tegas dan penuh dengan wibawa tentunya. Apalagi dengan postur tubuh yang tegap dan tinggi. Membuat penampilan mereka terlihat begitu garang. Namun anehnya di salah satu Kodam yang terletak di daerah Garut, Jawa Barat ini. Terdapat patung macan aneh. Ksrena jika biasanya macan melambangkan hewan yang gagah dan mengerikan, justru patung macan yang satu ini berwajah lucu. Karena wajah patung macan ini dibuat menyeringai dan mirip macan di kartun-kartun.

Sebuah patung macan yang berada di Komandan Rayon Militer (Koramil) 1123 Cisewu yang bernaung di bawah Komandan Distrik Militer (Kodim) 0611 Garut menjadi fenomenal dikarenakan dianggap kurang menampakkan kesan “gagah”.

Diketahui, patung macan loreng yang berada di Koramil Cisewu tersebut dianggap memiliki bentuk yang berbeda dari kebanyakan patung macan lainnya. Di bagian kepala patung macan ini, terlihat ukuran mulut yang sedikit lebar. Akibat foto macan loreng yang lucu ini, akhirnya ada banyak netizen yang menganggap patung macan tersebut lucu.

Padahal seharusnya patung macan dibuat sesuai dengan aslinya dan menampilkan wajah garang, mirip seperti wajah macan pada aslinya. Namun anehnya seperti foto-foto yang sudah beredar di sosial media. Patung tersebut sama sekali tidak menampilkan kesan mengerikan, justru jika diperhatikan secara terus menerus. Patung macan loreng ini semakin terlihat lucu.

Sehubungan dengan maraknya pemberitaan soal patung macan lucu tersebut. Kini patung macan kodam siliwangi tersebut telah dicopot dan hal tersebut adalah perintah langsung dari Pangdam III/Siliwangi Mayjen M Herindra. Sang Pangdam menjelaskan, bahwa dia meminta untuk patung tersebut dicopot dan diganti dengan yang baru dan lebih bagus dari sebelumnya.

Danramil juga menjelaskan pihaknya mempertanyakan maksud dan tujuan akun bernama Kementrian Humor Indonesia, yang mengunggah foto macan tersebut, pada 12 Maret 2017.

Namun setelah mengkonfirmasi masalah pengunggahan foto tersebut ke sosial media. Justru  akun tersebut sudah diblokir. Sehingga pihak koramil tidak dapat mengkonfirmasi lebih lanjut mengenai maksud dan tujuan diunggahnya foto tersebut ke sosial media.

Patung macan ‘humanis’ tersebut kini sudah dibongkar oleh anggota Koramil Cisewu dan rencananya akan diganti dalam beberapa hari ke depan. Jadi sudah tidaka akan ada lagi macan loreng menyeringai seperti yang diberitakan akhir-akhir ini.

Hingga viral patung macan kodam siliwangi itu membuat beberapa netizen menciptakannya dalam bentuk meme.

“Senimannya kurang canggih,” kata Herindra.

Hewan Macan sendiri adalah simbol dari Kodam Siliwangi. Banyak dari satuan yang masuk jajaran Kodam Siliwangi memasang patung macan sebagai bentuk kebanggaan tersendiri.

Walaupun begitu, simbol seharusnya tidak diizinkan untuk dipasang di atas papan nama markas karena hal tersebut termasuk menyalahi aturan administrasi TNI AD. Herindra juga sudah memerintahkan kepada seluruh jajaran di Kodam Siliwangi untuk meletakkan simbol di tempat yang lain.

Sebelumnya telah diberitakan bahwasannya patung macan Kodam Siliwangi tersebut langsung di bongkar ketika mulai menjadi viral di media sosial. Danramil Cisewu Kapten Inf Nandang Sucahya juga mengkonfirmasi bahwa patung tersebut dibongkar atas perintah dari atasan. Jadi, bukan hanya karena patung tersebut dengan cepat menjadi viral di sosial media.

Patung macan loreng sebelumnya, memang sebenarnya dibangun dan sudah ada sejak 6 tahun yang lalu. Namun, memang baru-baru ini saja patung tersebut menjadi viral di sosial media dan menghebohkan. Padahal sebelumnya patung ini ya biasa-biasa saja.

Semoga saja penggantian patung tersebut juga dimaksudkan hanya untuk memperindah tampilan Kodam tersebut, dan selain itu juga memperbaiki peraturan penempatan tata letak patung yang tepat. Sehingga dengan adanya berita ini, justru malah berdampak positif bukan?

Tetapi jika dilihat-lihat dan diperhatikan lagi secara seksama. Memang tampilan patung macan loreng tersebut terlihat lucu dan menggemaskan sekali. Sehingga tidak nampak keseraman dari wajah patung macan tersebut. Pantas saja jika netizen kemudian heboh memperbincangkan patung tersebut lantaran wajahnya yang sangat lucu.

Terlepas dari hal tersebut, semoga lain kali jika mengunggah postingan apapun ke media sosial bisa jauh lebih berhati-hati lagi ya? Apalagi jika postingan tersebut dapat membuat orang lain menjadi tersinggun dan balik menanyakan maksud dan tujuan si pengunggah. Keep smart ya dalam menggunakan sosial media.

 

Shares

Powered by moviekillers.com