Momen Jokowi dan Trump Yang Jadi Perbincangan di KTT G20

Jokowi selaku Presiden RI saat ini memang kerap mencuri perhatian dari publik. Kecintaan masyarakat kepada sang Presiden RI inilah kerap kali membuat Jokowi seringkali menjadi objek perbincangan dan juga dukungan dari para masyarakat di Indonesia.

Beberapa waktu lalu, diketahui bahwa Jokowi turut hadir dalam acara KTT G20 yang diselenggarakan di Hamburg, Jerman. Alhasil, foto-foto dirinya yang diambil dalam acaraa tersebut tersebar ke seluruh penjuru media sosial. Tanpa perlu waktu banyak netizen pun langsung banyak mengirimkan cuitan ke beberapa foto unggahan potret Presiden RI tersebut.

Hal yang paling banyak menyita perhatian adalah kedekatan Bapak Jokowi bersama Presiden Amerik Serikat yang baru-baru ini menjabat, yaitu Donald Trump. Trump pun nampak seolah tidak ada jarak dengan Bapak Jokowi dan justru terkesan akrab. Hal ini begitu nampak ketika sesi pemotretan dan beberapa foto candid yang berhasil diabadikan.

Usai menghadiri Leaders’ Retreat, Presiden Joko Widodo turut mengikuti sesi foto bersama dengan para peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Hamburg, Jerman. Dalam sesi foto tersebut, Jokowi berdiri di sebelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Informasi yang disampaikan oleh Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Jumat (7/7), secara bergiliran, satu per satu kepala negara dan kepala pemerintahan berjalan menuju lokasi foto bersama yang telah disediakan. Di sana telah menunggu Kanselir Jerman Angela Merkel untuk menyambut secara langsung kedatangan para pimpinan negara 20 besar ekonomi dunia tersebut.

“Sambil menunggu sesi foto bersama, Presiden Jokowi berbincang akrab dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Presiden Amerika Serikat Donald Trump, dan Presiden Prancis Emmanuel Macron,” kata Bey dalam keterangan tertulisnya, Jumat (7/7/2017).

Ketika foto bersama, kata Bey, Presiden Jokowi, yang mengenakan setelan jas warna biru dan dasi merah, diapit oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto. Sementara di sebelah Trump berdiri Presiden Prancis Emmanuel Macron. Mereka berada di barisan depan bersama delapan pemimpin negara lainnya.

“Termasuk Kanselir Jerman Angela Merkel selaku tuan rumah yang berada di bagian tengah paling depan, diapit oleh Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Argentina Mauricio Macri,” kata Bey.

Seusai sesi foto bersama, para kepala negara dan kepala pemerintahan langsung menuju Plenary Hall, Hamburg Messe und Congress, untuk melaksanakan sesi pertemuan yang mengambil tema pertumbuhan global dan perdagangan.

Tak lupa ternyata di sela-sela acara tersebut, Jokowi juga menyampaikan banyak pesan dari para penggemar Donald Trump di Indonesia.

Presiden Joko Widodo punya cara untuk membuat cair suasana pertemuan pertamanya dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Jokowi mengawali perbincangan dengan menyampaikan salam dari pendukung Trump di Indonesia.

“Saya ingin menyampaikan salam dari jutaan penggemar Anda di Indonesia. Mereka tertarik untuk menyambut Anda di Indonesia,” kata Jokowi saat bertemu Trump di ruang pertemuan bilateral Hamburg Messe Und Congress di sela-sela penyelenggaraan KTT G20 di Hamburg, Jerman dikutip dari keterangan Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Sabtu (8/7/2017).

Kepada Trump, Jokowi juga menyampaikan apresiasinya atas kunjungan Wapres AS Michael ‘Mike’ Pence ke Jakarta beberapa waktu lalu. Bagi Indonesia, kunjungan itu menandai komitmen AS untuk memperkuat hubungan dengan Indonesia.

Dalam pertemuan dengan Trump, Jokowi membahas peningkatan kerja sama di bidang ekonomi dan pemberantasan terorisme. Di bidang ekonomi, Jokowi bicara mengenai ekspor kelapa sawit dari Indonesia ke AS.

“Presiden Jokowi juga menyampaikan bahwa Indonesia mengimpor kedelai dalam jumlah yang besar. Oleh karenanya kedua presiden tersebut sepakat untuk meningkatkan perdagangan bilateral yang saling menguntungkan,” sambung Bey.

Sementara itu, di bidang penanggulangan terorisme, Jokowi menyampaikan apresiasinya kepada komitmen AS untuk tidak memusuhi Islam dan bekerja sama dengan negara muslim untuk memerangi terorisme.

Bapak Presiden yang satu ini memang tidak pernah lepas dari guyonan lucunya yang dapat membuat suasana yang sedikit tegang kembali mencair. Hingga dengan Donald Trump saja beliau juga masih saja bisa berguyon layaknya teman yang sudah lama kenal , meski pada kenyataannya baru sekali bertemu dalam acara tersebut. Salut ya untuk Presiden kita.

 

 

Shares

Powered by moviekillers.com