Misteri Uang Mahar yang Terus Naik, Ini Lho Alasannya!

Menikah memang pasti memerlukan perencanaan yang tepat agar bisa terlaksana dengan baik dan lancar. Tapi ada yang emnarik dari sebuah pernikahan, yaitu terkait dengan uang mahar.

Di zaman modern ini semakin lama uang mahar semakin meningkat tajam dan nyaris sulit untuk dipenuhi oleh mempelai pria. Inilah yang terkadang membuat polemik dalam sebuah hubungan sepasang kekasih yang hendak melaju ke jenjang selanjutnya.

Seperti yang baru-baru ini beredar dan mengejutkan publik adalah sebuah pernikahan yang digelar di Binuang, Kalimantan Selatan yang banyak diperbincangkan lantaran digelar secara mewah dan berlangsung selama 10 hari.

Meski bukan satu-satunya pesta mewah yang digelar di Indonesia dan menjadi viral. Apakah benar, saat ini biaya untuk pernikahan sudah semakin tinggi dan orang-orang sudah menjadi kaya raya?

Pernikahan pasangan Yudha dan Izha, anak pengusaha tambang H Muhammad Hatta (H Ciut), di Binuang, Kalimantan Selatan, berlangsung sejak 11 Februari dan berakhir pada 21 Februari.

Selama 10 malam, artis-artis silih berganti. Sebut saja Afgan, Zaskia Gotik, Ayu Ting-Ting, Wali Band, Via Vallen, Duo Serigala, sampai Rhoma Irama dan OM Soneta.

Rina Gunawan, wedding organizer pesta tersebut menyebutkan dalam akun Instagramnya bahwa tamu yang datang dalam seluruh rangkaian upacara diperkirakan mencapai 100.000 orang. Pada acara utama, tamu yang diundang hanya tamu VVIP yang kurang lebih berjumlah 3.000 orang.

Pesta pernikahan besar-besaran ini bukan yang pertama kali terjadi dan tentu saja bukan yang terakhir.

Di Mamuju, Sulawesi Barat, pengusaha kapal bernama Daniel Betteng menikahkan anaknya dengan pesta mewah. Penyanyi Citra Scholastika menjadi bintang tamu di resepsi yang digelar 17 Februari yang lalu.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, menikahkan putrinya, Mazaya Zhafarina, dengan mengundang 6.000 tamu, September tahun lalu. Foto-foto mewah Mazaya dalam balutan baju karya desainer menjadi pembicaraan di Instagram.

Lain lagi dengan pengusaha Makassar dan mantan Wakil Bupati Soppeng, Aris Muhammadia.

Tamu di pernikahan putranya, Dimas Adiputra, dihibur oleh pedangdut Zaskia Gotik dan berkesempatan mendapat doorprize berupa mobil, paket umrah, dan motor.

Tahun lalu, pernikahan mewah pengusaha Anjas Malik dan Amalia Hambali di Jeneponto, Sulawesi Selatan, menjadi berita karena uang mahar yang diberikan berjumlah Rp1 miliar tunai.

Selain uang tunai, mempelai pria juga mempersembahkan satu rumah mewah, satu mobil Alphard, dan tiga kilogram emas.

Nah, kira-kira apa sih penyebab pernikahan semakin digelar secara berlebihan?

Peneliti Institute For Economic and Development Finance (Indef) Bhima Yudhistira menilai, kenaikan harga komoditas sepanjang tahun 2017 menjadi salah satu penyebab kemewahan pesta-pesta pernikahan ini.

Pihaknya menekankan bahwa usaha di bidang pertambagan dan kelapa sawit memang sedang naik. Kekayaan para pengusaha semakin meningkat akibat harga komoditas naik signifikan.

Kemewahan dalam pesta pernikahan tersebut bukan berarti naiknya tingkat ekonomi masyarakat.

Kenaikan pendapatan hanya dirasakan oleh 20% kelompok pengeluaran teratas.

“Pengusaha kaya pamer, sementara kelas bawah kenaikan pendapatannya tak signifikan. Dampaknya justru ketimpangan sosial yang makin lebar di luar Jawa,” kata dia.

“Jangan sampai kelas bawah ikut-ikutan, menggelar pesta di luar kemampuannya sampai terpaksa berutang. Jadinya malah makin terjebak dalam siklus kemiskinan,” kata Bhima.

Peran orang tua para calon pengantin juga dianggap sangat mempengaruhi.

“Orang tua yang menikahkan anak pertamanya, kini berusia 40-50an, dan mereka lebih berpikiran terbuka, sehingga memungkinkan pesta yang lebih meriah dengan anggaran tinggi,” kata dia.

Roy Wibowo, fotografer di balik akun Instagram @riomotret yang telah memotret pernikahan sejak 2004 menyatakan bahwa para calon pengantin tak segan membayar mahal demi hasil foto terbaik.

Bisnis pemotretan pranikah yang menggiurkan

Tarif jasa fotonya untuk pemotretan prewedding hingga rangkaian acara pernikahan bisa mencapai ratusan juta rupiah.

“Harganya tergantung bagaimana keinginan klien. Bisa ratusan juta kalau acaranya beberapa hari, atau fotonya di luar negeri,” kata dia.

Jika kamu hendak melangsungkan pernikahan dalam waktu dekat, maka coba sulap pesta pernikahanmu dengan budget yang miring, tetapi terkesan mewah dan elegant.

Undangan

Gambar terkait

http://www.socimage.com

Desain undangan dengan warna dominan hitam dan putih dengan aksen tipografi yang unik ini tampak sangat cantik dan chic. Jika suka, berikan sentuhan warna pink pada undangan untuk menambahkan kesan manis yang tampak segar.

Dekorasi Pelaminan

UrbanLoft blogpost 0019 300x223 - Irit, tapi Tampak Mewah dengan 16 Inspirasi Pesta Pernikahan Minimalis Ini

https://www.rimma.co

Biasanya latar belakang pelaminan penuh bunga berwarna-warni serta dekorasi yang ramai. Nah, untuk konsep pernikahan minimalis, kamu bisa menggantinya cukup dengan aksen dekorasi seperti rangkaian bunga tulip dan lilin saja. Nampak elegan dan memberikan suasana yang akrab.

Modern Wedding Dress

Hasil gambar untuk modern wedding dress

http://seattlebridemag.com

Sebuah gaun pengantin putih dengan siluet modern yang adalah paduan yang sempurna untuk hari spesial.

Souvenir Imut

5 DIY Souvenir Pernikahan Ini Bisa Jadi Idemu di Musim Nikah!

https://life.idntimes.com

Bingung memilih souvenir pernikahan? Cukup berikan sesuatu yang sederhana, tapi penuh makna, yang dikemas dengan aksen dekorasi yang cantik, seperti pita.

 

 

Shares

Powered by moviekillers.com