Mahasiswi Protes Soal Nilai Ujian, Jawaban Dosen Ini Menohok

Nilai ujian memang turut menentukan lulus atau tidaknya seorang mahasiswa dalam sebuah mata kuliah di perkuliahan.

Hal inilah yang membuat banyak mahasiswa mati-matian untuk mendapatkan nilai baik atau minimal cukup agar tidak harus mengulang mata kuliah lagi.

Tentu waktu daftar nilai ujian keluar, kamu akan sibuk mencari tahu apakah kamu sudah memiliki nilai yang baik dan cukup pada mata kuliah tersebut ataukah belum.

Kadang, jika nilaimu terlalu buruk dalam sebuah ujian. Namun, kamu merasa bahwa kamu sudah belajar mati-matian untuk mendapatkan nilai bagus. Apalagi kamu yakin sudah bisa melewati ujian tapi faktanya nilaimu masih saja jelek.

Lebih baik kamu kroscek saja dengan dosen yang bersnagkutan. Siapa tahu ada kesalahan dalam input nilai yang dilakukan oleh dosenmu.

Wajar sih dosen diprotes mahasiswa seputar nilai. Tapi tahu diri ya, kalo sekiranya kamu memang pernah melakukan kesalahan-kesalahan yang kamu buat di hadapan dosen langsung. Ya kamu jangan coba-coba untuk nekat menanyakan seputar nilaimu yang buruk ya.

Kalau tidak, jawaban menohok yang dilontarkan oleh dosen ini sepertinya akan segera menohokmu perlahan-lahan.

Contohnya seperti kejadian yang dialami oleh cewek pemilik akun Instagram @stmsruro.

Cewek ini menanyakan nilai pada dosennya.

Bahkan dia berani menawar nilai yang telah diberikan dosen kepadanya.

Percakapan chat mahasiswi pemilik akun Instagram @stmsruro dengan dosennya ini diunggah pada Minggu (21/1/2018).

Cewek pemilik akun @stmsruro bertanya, “Pak kok ngga A saja sih (emoji)”.

“Mau sy kasih b sebetulnya, b+ itu Sy sambil istigfar itu” jawab dosen.

Tampaknya cewek ini masih belum menyerah dan ingin agar dapat nilai A.

“Ya Allah pak. Coba ngga pake istigfar uda pasti A itu sebenernya,” balas @stmsruro.

Sebenarnya inilah alasan si dosen memberi nilai B+ untuk @stmsruro.

“B+ sdh sangat cukup itu, soalnya yg sy ingat dari mu di kelas kl bukan makan, make up atau selfi, kyknya c lbh bagus,” jawab dosen.

Mendapatkan balasan seperti itu @stmsruro masih berkilah.

“Hahaha pak saya ngga make up an (emoji) Itu saya cuma ngaca,”balas @stmsruro.

Akun @stmsruro juga memberikan caption seperti ini pada foto di atas.

“Nih buat kalian cewek cewek, kalo lagi kelas yg fokus jangan makan, make up, ngaca, main hp ntar dapet B+ kaya aku.”

Postingan @stmsruro yang berusaha menawar nilai ke dosennya ini sudah mendapat like lebih dari 13 ribu.

Netizen memenuhi postingan itu dengan 220 komentar.

Mereka tertawa usai mengetahui postingan @stmsruro, sebagian ada juga yang memberinya saran.

“Hahahahha” tulis @afifah1010.

“Wes to mbak Kowe ayu tenan Ojo di sepanengi koyo ngono. Fokuso aku wae” tulis @mtf.soc.

“Kuliah yang bener mb ojo make up an nng kelas” tulis@unii_put.

“Hahaahaa kyaknya dosennya ngamatin mba ruru bgt ya sampe tau semuanya” tulis @rissanuwa.

“Semester tua dapet b+ nyesek ya” tulis @rezariskiansyah.

“Untungnya ga sambil nge vlog kamu” tulis @latep.latief.

Jika kamu benar-benar ingin mencoba peruntungan agar mendapatkan nilai bagus dari dosenmu. Coba saja lakukan trik-trik khusus ini agar dapat berhasil mengambil hati dosenmu.

Siapkan pertanyaan sebelum kuliah.

https://2.bp.blogspot.com

Sebelum kuliah, sebaiknya baca-baca dulu agar paham dengan materi perkuliahan hari ini. Setelah itu buatlah daftar pertanyaan dan bertanyalah ketika dosen mempersilakan untuk bertanya.

Jika sudah tak ada yang mau bertanya dan kegiatan perkuliahan hanya terasa satu arah saja, maka dosen tersebut akan semakin sulit diambil hatinya untuk memberikan nilai-nilai murah.

Tidak harus sering-sering duduk paling depan di kelas.

http://www.wovgo.com

Apalagi kalau kehadiran kamu ternyata mampu menghidupkan dinamika kelompok “mahasiswa duduk di belakang” (MDDB). Sehingga mereka tidak terangguk-angguk terbawa kantuk.

Kehadiranmu justru membuat mata mereka jadi melek karena mahasiswa yang duduk di sampingnya membawa perhatian dan mata dosen ke melayang bangku-bangku di kelompok belakang.

Melatih kemampuan presentasi

https://1.bp.blogspot.com

Untuk bisa tampil hebat ketika berbicara di depan banyak orang memang membutuhkan waktu dan praktik berkali-kali. Harap ingat! Targetnya adalah kemampuan soft-skill mahasiswa, tidak hanya sebatas kemampuan kognitif.

Nah, salah satu parameter yang paling umum digunakan para dosen adalah dengan mengamati performa mahasiwa ketika presentasi dan diskusi di depan kelas.

Bagaimana? Sangat sangat mudah kan caranya?

 

 

Shares

Powered by moviekillers.com