Hanya di Indonesia, Gelar Akademik Ditulis Di Undangan Pernikahan

Menikah adalah salah satu moment dalam hidup yang begitu dinantikan oleh semua orang. Tidak heran jika moment spesial ini dibuat dengan sebaik mungkin dan dipersiapkan dengan sangat matang. Bahkan, banyak orang yang mempersiapkan acara pernikahan ini sejak jauh-jauh hari. Mulai dari pakaian, dekorasi, dokumentasi, catering, souvenir, dan masih banyak hal lain yang perlu dipersiapkan.

Dari semua hal yang wajib dipersiapkan dalam pernikahan, satu hal yang tidak boleh ketinggalan yaitu undangan. Karena tanpa adanya undangan tidak akan ada tamu yang turut memeriahkan pesta pernikahan bukan?

Beragamnya jenis undangan pernikahan membuat Kamu terkadang bingung dalam memilih bentuk undangan yang akan diberikan bagi para tamu undangan. Undangan yang Kamu berikan pun sebaiknya sesuai dengan tema acara, karena akan sangat bagus jika undangannya serasi dengan tema pernikahan. Selain itu, ada empat hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih wedding invitation, antara lain:

  • Tema pernikahan

Pastikan undangan pernikahan Anda sesuai dan serasi dengan tema pernikahan Anda. Agar pernikahan Anda terasa sempurna, karena detail-detail kecil pun  ikut diperhatikan.

  • Sesuaikan dengan budget

Untuk membuat undangan tidak perlu dengan harga yang mahal. Cukup buat undangan sesuai dengan budget yang Anda miliki.

  • Perhatikan bahan dasar atau jenis kertas

Perhatikan tekstur dan juga contoh undangan jadi yang disediakan. Agar hasilnya benar-benar sesuai dengan yang Anda inginkan.

  • Meminta saran

Jika Anda kebingungan dalam memilih undangan, maka minta saja saran pada seseorang yang sudah pernah memesan undangan. Siapa tahu saran tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

 

Jika di Indonesia, mungkin keempat hal itu sama dilakukan oleh orang-orang di seluruh dunia yang akan menikah. Namun, ada satu kebiasaan unik bagi orang Indonesia, ketika akan membuat undangan pernikahan. Apakah hal unik itu?

Di Indonesia hal yang tidak boleh terlupakan di dalam undangan adalah gelar akademik sang mempelai pengantin maupun orangtua. Jika Kamu mengamati, pasti gelar akademik memang seringkali muncul di dalam undangan pernikahan teman, tetangga, maupun kerabat ya? Padahal, di luar negeri hal tersebut tidaklah ada.

Jadi, ini lho alasan-alasan mengapa gelar akademik yang dimiliki harus dicantumkan di dalam undangan pernikahan, antara lain:

  1. Pentingnya gelar akademik

Ketika orang lain melihat gelar yang tertera pada undangan, dan kedua mempelai tersebut memiliki gelar yang sama-sama tinggi. Maka, pujian-pujian akan datang sendiri dari para tamu. Siapa yang tidak menginginkan pujian seperti itu, bukan?

  1. Keinginan orangtua

Biasanya dari mempelai sendiri, gelar akademik yang disematkan pada undangan pernikahan. Bukanlah merupakan hal yang penting. Namun, bagi kedua orangtua pastilah menginginkan hal berbeda, dengan menyematkan gelar akademik pada undangan pernikahan anaknya.

  1. Wujud kebanggaan

Setiap orang pasti bisa untuk memulai kuliah, tapi untuk menyelesaikannya sampai meraih gelar akademiknya merupakan hal yang sangat susah. Hal inilah yang kemudia digunakan sebagai alasan untuk menyisipkan gelar di undangan pernikahan.

  1. Rezeki dapat datang dengan gelar yang tertera pada undangan

Siapa tahu ketika acara resepsi, ada seseorang yang menawarkan pekerjaan kepadamu karena melihat gelar akademik yang tertera pada undangan pernikahan Kamu. Hal yang baik bukan, jika tiba-tiba Kamu mendapatkan pekerjaan secara tiba-tiba lantaran gelar yang kamu selipkan di undangan pernikahanmu.

  1. Gelar menandakan bahwa Kamu layak diperhitungkan

Setiap tamu yang datang akan menganggap bahwa Kamu layak untuk diperhitungkan di dalam masyarakat. Karena gelar akademikmu dianggap bukanlah hal yang bisa dianggap remeh.

 

Oh, jadi itulah yang menyebabkan di Indonesia gelar akademik seringkali diselipkan pada undangan-undangan pernikahan. Alasannya sih memang menarik ya? Meski begitu, sebenarnya tidak semua orang di Indonesia melakukan hal serupa. Namun, mayoritas orang Indonesia menerapkan hal tersebut.

Meski berbeda dari negara-negara lainnya dalam hal membubuhkan gelar akademik pada undangan pernikahan. Namun, nyatanya hal inilah yang menarik orang dan membuat Indonesia dianggap unik. Jika Kamu yang menikah, apakah gelar akademikmu akan Kamu tambahkan di dalam undangan pernikahanmu? Ataukah undanganmu hanya sekedar namamu dan pasanganmu saja tanpa embel-embel gelar akademik? Pilih saja yang terbaik dan sesuai dengan keinginan Kamu.

 

Shares

Powered by moviekillers.com