Di Daerah Ini, Menikah Muda Jadi Tradisi

Menikah tentunya menjadi hal yang di idamkan oleh semua orang. Namun, pada setiap orang usia kesiapaan untuk menikah berbeda-beda. Ada yang menikah muda, ada juga yang menikah di usia matang. Banyak pertimbangan dan persiapan, sebelum akhirnya seseorang memutuskan untuk mengakhiri masa lajangnya dengan menikah. Karena menikah, bukanlah hal yang main-main. Penting untuk memikirkan dan mempersiapkan semuanya dengan baik.

Tidak jarang, karena tuntutan ekonomi, banyak orang yang rela menunda untuk menikah dan memilih untuk bekerja keras mengumpulkan pundi-pundi uang agar dapat memiliki kehidupan yang sejahtera ketika menikah. Selain tuntutan ekonomi, kesiapan mental pun menjadi salah satu hal yang biasanya dipertimbangkan sebelum menikah. Meski, ekonomilah yang biasa menjadi persoalan utama sebelum menikah.

Lain halnya di daerah-daerah ini. Jika mayoritas orang, baru akan menikah di usia yang matang dan siap mental untuk menikah. Tetapi anehnya di beberapa daerah, justru memiliki tradisi menikah muda yang masih berlangsung hingga sekarang.  Lantas daerah mana saja yang memiliki tradisi nikah muda? Mungkin saja daerahmu menjadi salah satu yang memiliki tradisi nikah muda.

  1. Boyolali

Kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini rupanya menjadi salah satu daerah yang memiliki tradisi menikah muda yang masih berlangsung hingga sekarang. Desa Jrakah dan Klakah, Kecamatan Selo, Boyolali inilah yang terkenal sebagai desa yang menjalankan tradisi tersebut. Letaknya yang berada di lereng gunung Merapi ini, sangat terkenal dengan tradisi pernikahan dini.

Meskipun, tidak jarang pihak KUA melarang adanya permohonan pernikahan pasangan yang usianya kelewat masih muda ini. Pihak KUA pun tidak bisa benar-benar menentang dan melarang, karena sudah merupakan tradisi di daerah tersebut.

  1. Indramayu

Kota ini termasuk salah satu daerah yang memiliki tingkat pernikahan dini yang sangat mudah ditemui. Rata-rata anak usia 13-15 tahun sudah memiliki anak. Biasanya gadis-gadis di daerah ini akan menikah dengan laki-laki yang berusia jauh lebih tua. Alasan yang paling banyak adalah karena alasan ekonomi. Pria berusia matang lebih dianggap sudah memiliki status ekonomi yang memadai.

  1. Madura

Pada daerah ini gadis usia 15 tahun atau lebih muda sudah mulai dinikahkan. Mereka dinikahkan dengan laki-laki yang beusia tidak jauh dari mempelai wanita. Tradisi pernikahan dini ini bertujuan untuk mengikat keluarga yang jauh atau perjodohan antar keluarga atas dasar keinginan orangtua untuk menjadi besan. Kedua mempelai ini rupanya sudah dijodohkan sejak di dalam kandungan. Cukup aneh bukan?

  1. Sulawesi Barat

Tradisi menikah muda di daerah ini tergolong cukup tinggi. Namun, karena pernikahan muda yang sering terjadi berbuntut pada angka perceraian yang juga tinggi.

  1. Sumatera Barat

Di salah satu daerah di Sumatera Barat ini, tepatnya di Jorong Mawar, Tanah Datar. Pernikahan muda sudah menjadi tradisi turun menurun masyarakatnya. Namun sayangnya, hal ini menyebabkan usia pernikahan yang tidak berlangsung lama.

  1. Sulawesi Selatan

Daerah yang tepatnya berada di Pulau Kodingareng, Makassar ini. Memiliki tradisi waktu menstruasi awal sebagai patokan untuk menikah. Jika, prediksi waktunya sudah ada. Maka, sang gadis akan segera dicarikan calon pendamping untuk kemudian dinikahkan. Pemikiran menikah muda ini, didasari karena semakin kurangnya kepandaian gadis dalam menjaga diri. Meskipun begitu, orang-orang di daerah tersebut sudah mengenal program KB. Sehingga, setelah menikah. Sang gadis tidak perlu buru-buru untuk memiliki anak.

Beberapa daerah itulah yang memiliki tradisi menikah muda. Sungguh sangat unik, bukan? Di zaman yang modern seperti sekarang ini masih ada yang menerapkan tradisi tersebut ke anak-anak mereka.  Memang yang namanya tradisi adalah hal yang sulit sekali untuk dihilangkan. Apalagi, jika sudah turun menurun dari beberapa generasi. Meski begitu, sepertinya di banyak daerah di Indonesia sudah tidak lagi menerapkan hal ini. Usia pernikahan pun mulai beragam. Bahkan, ketika seseorang sudah berada di usia matang pun, pernikahan tidak menjadi hal yang terlalu dipusingkan.

Jika, Kamu diminta untuk menikah muda. Sudah siapkah Kamu menjalaninya?

Shares

Powered by moviekillers.com