Buat Kamu yang Cumlaude Dilarang Melamar Kesini

Sudah sewajarnya setiap perusahaan memilih bibit-bibit calon pekerja atau sumber daya manusia yang bagus dan memiliki pendidikan yang tinggi sesuai dengan kualifikasi pekerjaan yang ditawarkan. Apalagi bagi perusahaan besar, tentunya akan sangat selektif sekali ketika menerima calon pelamar. Karena sumber daya manusia yang bagus, pasti akan menghasilkan pekerjaan yang baik juga bukan?

Dari segala persyaratan yang banyak, serta rangkaian tes yang membingungkan. Pasti ada-ada saja poin yang tidak terpenuhi dari diri kamu lantaran pendidikan yang tidak sesuai atau lebih sedihnya lagi jika IPK kamu tidak terlalu bagus dan juga tidak cumlaude. Pasti ujung-ujungnya ditolak deh.

Namun jika yang lain berebut untuk mendapatkan calon pekerja yang terbaik dengan menetapkan standar dan persyaratan yang ribet, justru perusahaan ini malah lain dari yang lain. Uniknya perusahaan inipun justru jadi viral mendadak lho.

Salah satu perusahaan di Kota Yogyakarta ini mendadak membuat kaget khalayak karena persyaratan penerimaan calon karyawan yang justru berbeda dari yang lainnya.

Perusahaan Start up justru sama sekali tidak tertarik dengan mahasiswa yang memiliki predikat cumlaude lho. Bukan hanya tidak tertarik, namun justru dengan terang-terangan dia menolak para calon pelamar yang berpredikat kelulusan dengan pujian ini.

Lucunya lagi, yang dicari oleh perusahaan ini adalah para mahasiswa abadi yang kuliahny molor alias lulus tidak sesuai dengan waktunya atau bahasa kerennya adalah para mahasiswa abadi.

Kira-kira, alasan apa ya yang membuat perusahaan ini tidak tertarik dengan mahasiswa-mahasiswa cumlaude? Padahal kan mereka lulus dengan pujian lho dan pasti banyak dicari oleh perusahaan.

Merebaknya berita seputar recruitment calon pegawai perusahaan Start up ini diawali dari lowongan pekerjaan yang digelar bersamaan dengan acara Jogja Geek Fair 2017 yang diadakan di Yogyakarta pada pekan lalu. Salah satu booth sebuah perusahaan start upRun system, menampilkan x-banner yang bertuliskan seputar lowongan pekerjaan yang ditawarkan kepada calon pelamar.

Sekilas jika tidak diamati secara saksama, pasti tidak ada yang aneh dan terkesan biasa saja. Hal yang tidak biasa pada lowongan ini justru adalah persyaratan yang diberikan oleh pihak perusahaan. Perusahaan IT asal Jogja ini justru memilih kualifikasi yang belum pernah dilakukan oleh perusahaan lain pada umumnya, yaitu menolak pelamar dengan predikat cumlaude!

Sebaliknya, mereka justru lebih menomorsatukan mantan mahasiswa abadi atau yang pernah mengenyam bangku perkuliahan hingga di atas 7 tahun. Padahal biasanya lulusan dengan nilai memuaskan akan banyak dicari perusahaan-perusahaan yang sedang mencari karyawan. Namun tidak bagi Run System.

Start up yang berfokus pada pembuatan aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP) atau perencanaan dan manajemen perusahaan ini memiliki alasan tersendiri mengapa lebih memilih persyaratan nyeleneh. Tak heran jika X-Banner tersebut seketika viral di kalangan netizen setelah diunggah pengguna Facebook bernama Rian Adi Wibowo.

Sebenarnya setelah di konfirmasi, pihak perusahaan memberikan persyaratan seperti itu bukan tanpa alasan. Karena pihak perusahaan berniat untuk membuat para calon pelamar penasaran dan kemudian banyak calon pelamar yang mendaftar ke perusahaan tersebut.

Pemasangan iklan lowongan tersebut pun memang sengaja dibuat menarik agar para pengunjung job fair tersebut berbondong-bondong datang ke booth yang mereka gelar di sana. Hal ini pun ternyata cukup efekti flho. Karene kuantitas menjadi meningkat sebesar 200 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu ketika job fair serupa diadakan.

Selain meningkatkan kuantitas pelamar, nama perusahaan pun otomatis menjadi terkenal dan semakin dikenal oleh khalayak. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat dong untuk perusahaan. Karena nama yang banyak dikenal juga tentunya akan berpengaruh juga bagi pemasukan perusahaan.

Hal yang cukup unik lagi, ternyata sebelum perusahaan mmeutuskan untuk menuliskan lowongan tersebut. Nama dari perusahaan inipun belum pernah dipublikasi dan dikenal oleh publik lho. Baru kali ini saja nama perusahaan mereka terangkat berkat iklan lowongan pekerjaan yang mereka pasang ketika job fair tersebut.

Apa yang dilakukan oleh perusahaan ini terbilang sangat kreatif dan juga memberikan para mahasiswa peluang untuk bekerja tanpa takut karena mereka bukan lulusan cumlaude. Lowongan inipun juga secara tidak langsung memberikan penghargaan kepada mahasiswa abadi yang harus susah payah menyelesaikan kuliah mereka dengan berbagai alasan yang kadang tidak dipahami banyak orang.

Salut untuk perusahaan ini, sukses selalu.

 

Shares

Powered by moviekillers.com