Bocah SD Kurang Uang untuk Bayar Angkot, Ini yang Ia Lakukan pada Sopir Angkot

Ketika hendak menaiki alat transportasi umum yang ada di sekitar lingkunganmu, maka kamu harus mempersiapkan sejumlah uang untuk membayar jasa alat transportasi tersebut bukan? Akan tetapi, terkadang kamu sudah terlanjur naik, namun kamu tidak memiliki cukup uang untuk membayarnya. Lantas, apa yang harus kamu lakukan saat itu juga?

Sepertinya, beberapa orang tentu pernah juga mengalami hal serupa bukan?

Risikonya, jika kamu jujur tidak memiliki uang yang cukup. Kemungkinan kamu akan diturunkan begitu saja di pinggir jalan sebelum sampai ke tujuanmu. Namun, ketika kamu baru bilang setelah sampai di tujuan. Tak menutup kemungkinan bahwa kamu akan dicaci-maki oleh sang sopir angkot.

Seperti seorang bocah SD laki-laki ini juga yang berada di situasi serba tidak enak ketika dirinya tak memiliki uang yang cukup untuk membayar biaya angkutan yang ia naiki. Ia kemudian memilih untuk melakukan hal nekat ini karena bingung harus berkata apa kepada sang sopir.

Seorang bocah mengalami nasib bingung ketika mendapati dirinya tak memiliki uang yang cukup untuk membayar angkot yang akan mengantarnya ke sekolahan. Ia membagikan kisahnya ini ke sosial media agar bisa menjadi pembelajaran bagi orang lain yang membacanya.

Bocah ini melakukan hal yang bisa dibilang nekat, namun justru membuahkan hasil yang baik.

Bocah itu jujur berkata pada sang sopir ia hanya memiliki beberapa uang koin di tangannya.

Cerita ini diunggah oleh pengguna Facebook bernama Oniè Espelà Cañadà pada Februari lalu.

Menurut Oniè, ia merasa beruntung bisa menyaksikan momen menyentuh hati antara sopir jeep dan anak SD itu.

Saat itu, Oniè sudah berada di jeep saat ia melihat anak SD berjalan ke arah sopir dan meminta maaf karena ongkosnya tidak cukup.

Oniè mendengar anak SD itu berkata, “Pak, cuma ini uang saya”, sambil ia menunjukkan uang koin 5 peso (Rp1300) pada sopir.

Si sopir kemudian melihat uang koin yang dipegang si bocah dan berkata, “Oh, tidak apa-apa, naiklah.”

Melihat anak SD itu hanya punya 5 peso, si sopir ternyata tidak mengambil uang itu sama sekali.

Ia pun tidak melarang anak SD itu untuk naik.

Sang sopir justru memberikan tumpangan secara gratis untuk sang bocah SD tersebut.

Bocah itu pun langsung senang karena ia bisa berangkat sekolah dengan gratis.

Ia tak henti-hentinya mengucapkan terima kasih pada sopir angkot.

Tak hanya memberi tumpangan gratis, sopir angkot juga menasehati anak SD itu.

“Sekarang kamu punya 5 peso untuk jajan di sekolah, tidak apa-apa. Belajarlah yang rajin, jangan berkelahi dengan teman sekolahmu.”

Oniè Espelà Cañadà yang menyaksikan momen itu pun tak bisa hanya diam saja tanpa membagikan kisah mereka di Facebook.

ingga kini, unggahan Facebook Oniè sudah dibagikan lebih dari 5000 kali dengan mendapatkan 32 ribu reaksi.

Netizen yang mengomentari unggahan tersebut merasa terenyuh sekaligus kagum akan sikap sopir.

Netizen pun turut mendoakan yang terbaik untuk si bocah SD dan juga sopirnya.

Bagi kamu yang memang terbiasa jujur, rupanya banyak seklai manfaat dari kejujuran yang kamu sampaikan kepada orang lain.

Memiliki banyak teman

Seseorang yang membiasakan perilaku jujur sejak kecil akan memiliki banyak teman sebab dengan berperilaku jujur maka teman-teman atau orang yang ada di sekitar kita akan memiliki kepercayaan kepada kita. Sehingga secara tidak sengaja banyak orang atau teman yang akan mendekati kita.

Meningkatkan percaya diri

Membiasakan perilaku jujur terutama didalam prestasi akan meningkatkan rasa percaya diri kita. Selain itu kita juga dapat mengukur sampai mana kemampuan yang kita miliki dalam pelajaran pelajaran tertentu. Membiasakan sifat jujur juga tidak akan merugikan diri kita sebab hal tersebut akan membantu kita untuk melakukan kehidupan kedepannya.

Merasakan bahagia

Membiasakan sikap jujur memang sangatlah sulit jika tidak dibiasakan sejak dini. Selain memiliki sikap jujur kita juga harus memiliki sikap kedewasaan. Sebab jika kita memiliki sikap jujur tapi tidak diimbangi dengan sikap kedewasaan dihawatirkan dapat menyebabkan seseorang merasa Tersakiti.

Kejujuran menciptakan kenyamanan

Baik dalam lingkungan sekolah maupun lingkungan keluarga dan masyarakat melakukan atau bersikap jujur akan membuat seseorang merasa nyaman. Tidak hanya pada seseorang dengan membiasakan sikap jujur juga akan membuat diri kita merasa nyaman tenang dan juga damai.

Dapat dipercaya

Salah satu keuntungan terbesar membiasakan sikap jujur adalah dipercaya oleh masyarakat keluarga maupun guru dan teman-teman kita. Membangun diri untuk menjadi seseorang yang dipercaya oleh banyak orang memang tidak mudah untuk itu Mengapa kejujuran perlu ditanamkan.

Nah, mulai sekarang biasakan hidup dengan penuh kejujuran ya!

 

Shares

Powered by moviekillers.com