Benda Bulat Ini Tersangkut Di Tenggorokan

Kesehatan itu tentunya merupakan salah satu hal yang terpenting di dunia. Dengan kita sehat, tentu kita dapat melakukan banyak aktivitas yang kita inginkan. Namun ketika kita kurang menjaga kesehatan kita, dan kita terserang penyakit, maka kita akan sangat menyadari betapa pentingnya kesehatan yang kita miliki sebelum kita sakit.

Soal makanan, tak jarang anak-anak akan memakan apapun yang dia rasa enak. Tak peduli atau tahu bahwa makanan itu apakah sudah dimasak, atau apakah aman untuk dimakan dan sebagainya. Segala yang dilakukan oleh anak seharusnya tak lepas dari penjagaan orangtua, atau anak kamu akan mengalami kejadian seperti bocah ini.

Sebuah foto X-Ray tiba-tiba saja beredar di berbagai sosial media, memang hanya rontgent X-Ray sih tetapi rupanya jika diperhatikan ada hal aneh yang bisa terlihat dari hasil X-Ray tersebut. Lantas apa kira-kira hal aneh yang membuat netizen heboh dibuatnya?

http://lkpanel.mramagazines.com/mb/lkgallery/teaser/564f839256ab8b9b1faf27203ae856d1.jpg

Sebuah foto X-Ray ini merupakan hasil X-Ray yang dialami oleh anak-anak yang kala itu tersedak buah anggur hingga berhenti di kerongkongan. Anak tersebut diketahui baru berusia sekitar lima tahun. Lagi-lagi, sebagai orangtua seharunya kita bisa lebih berhati-hati lagi ketika memberikan makanan kepada para bayi atau balita, agar kejadian seperti ini tidak terjadi dan membahayakan nyawa sang anak.

Petugas kesehatan mental sekaligus blogger Angela Henderson mengupload foto x-ray di halaman Facebook-nya “Finlee and Me” setelah mendapat persetujuan dari orangtua sang anak. Dalam tulisannya Angela mengatakan sang anak perlu dioperasi untuk mengeluarkan buah anggur.

Angela mengatakan, kadang karena terburu-buru anak mungkin jadi tidak menguyah makanannya dengan benar. Oleh karena itu orangtua seharunya bisa lebih berhati-hati dengan memotong-motong atau menyajikan makanan dalam porsi kecil yang mudah ditelan. Hal ini tentunya untuk menghindari resiko anak tersedak. Selain itu menelan makanan secara langsung tanpa dikunyah terlebih dahulu, juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan kesehatan.

Tersedak menurut Dinas Kesehatan New York termasuk salah satu penyebab kematian yang perlu diwaspadai pada anak kecil. Hal ini terjadi karena besar diameter kerongkongan anak-anak bisa hanya sekitar sebesar sedotan minum.

Selain makanan, anak-anak diketahui juga rentan tersedak karena menelan benda-benda di sekitar rumah atau mainan. Oleh karena itu usahakan untuk selalu memerhatikan dan mendampingi anak ketika sedang bermain, terutama jika anak-anak sedang memainkan mainan yang memiliki ukuran kecil. Karena ditakutkan, anak akan menelan mainan kecil tersebut.

Jika kalian mendapati anak mengalami tersedak, maka cara yang biasa kamu lakukan adalah:

Menepuk-nepuk punggung anak saat anak tersedak makanan atau mainan hanya efektif jika dilakukan sesaat sebelum anak berhasil menelan makanan. Biasanya, anak akan batuk-batuk setelah punggungnya ditepuk-tepuk. Namun, jika ukuran makanan termasuk besar atau saluran pernafasan tersumbat, menepuk-nepuk punggung tidak akan berhasil mengatasi tersedak.

Cara menolong anak yang tersedak adalah mengambil benda yang menyumbat saluran pernafasan dengan jari. Tapi, tindakan ini dilakukan bila makanan atau benda tersebut masih terlihat di dalam mulut anak. Jadi, jangan ambil makanan tersebut jika tidak terlihat sebab bisa mengakibatkan makanan atau benda terdorong lebih dalam.

Lantas, apa yang harus dilakukan bila anak tersedak?

Heimlich maneuver adalah tindakan pertolongan pertama saat mendapati seseorang tengah tersedak makanan yang tersangkut di tenggorokan sehingga memblokir jalur. Heimlich maneuver dapat dilakukan pada dewasa dan anak di atas 1 tahun.

Berikut cara melakukan Heimlich maneuver:
1. Berdirilah atau berlutut di belakang anak, lingkarkan kedua lengan Anda di sekeliling tubuh anak.
2. Buatlah kepalan tangan dan posisikan sedikit di atas pusarnya.
3. Tekan kepalan tangan dengan tangan lain yang bebas dan lakukan gerakan hentakan ke atas dengan cepat.

4. Lakukan tindakan menekan hingga benda yang menyumbat pernapasan anak keluar atau hingga anak mulai bernapas normal kembali.
5. Bila anak kehilangan kesadaran, segera beralih ke tindakan pemberian nafas buatan dan segera cari bantuan sekitar untuk pertolongan medis lebih lanjut.

Nah, jadi usahakan ketika anak sudah mengalami tersedak kamu tidak perlu bingung lagi untuk mengatasinya. Jika kamu kurang memahami caranya, maka yang lebih baik kamu lakukan adalah segera membawa anak ke rumah sakit agar dapat mendapatkan penanganan yang tepat.

 

 

Shares

Powered by moviekillers.com