Asrofi, Pencari Kerja yang Tawarkan Diri di JPO

Memang mencari sebuah pekerjaan merupakan hal yang bisa dibilang gampang-gampang susah. Terkadang orang bisa dengan mudahnya mendapatkan pekerjaan, namun ada juga yang sangat kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Apalagi dengan banyaknya sumber daya yang tidak diimbangi dengan kapasitas pekerjaan yang memadai. Rasanya mencari pekerjaan menjadi hal yang cukup sulit untuk dilakukan.

Selain itu, banyaknya lowongan pekerjaan fiktif dan juga penipuan berkedok lowongan pekerjaan. Seolah membuat nyali para pencari kerja menjadi ciut, karena tidak jarang yang justru tertipu mentah-mentah dengan adanya jebakan penipuan berkedok lowongan pekerjaan menggiurkan tersebut.

Meski begitu, banyak juga lho para pekerja yag masih dengan semangatnya dan juga kegigihannya dalam mencari pekerjaa, sampai-sampai secara mendadak dirinya menjadi hits di kalangan para pengguna media sosial lantaran caranya yang unik dalam mencari lowongan pekerjaan yang cocok baginya.

Siapa ya kira-kira sosok si pencari kerja yang sedang hits di kalangan masyarakat dunia maya ini?

Inilah sosoknya.

Asrofi (21), pemuda asal Kebumen, Jawa Tengah, mendadak menjadi perbincangan di kalangan netizen setelah fotonya tersebar luas di media sosial Twitter sejak beberapa hari yang lalu.

Dalam foto tersebut, Asrofi tampak memegang secarik kertas yang menyatakan bahwa dirinya tengah mencari pekerjaan paruh waktu. Pada sisi kertas lainnya, secara sederhana, Asrofi menuliskan perihal data dirinya.

Foto tersebut diunggah oleh Josh pemilik akun @cabbyjoey pada 9 Juli 2017 lalu. Josh menyebutkan bahwa foto itu diambil ketika Asrofi sedang berdiri di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di wilayah Grogol.

Melalui akun Twitter-nya itu juga, Josh menyebutkan nomor kontak Asrofi. Tujuannya agar masyarakat yang ingin membantu bisa menghubungi Asrofi secara langsung. Twitt Josh itu sudah di-retweet oleh ribuan netizen pengguna sosial media aktif.

Dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Asrofi membenarkan bahwa dia tengah mencari pekerjaan part time untuk mengisi waktu luang di hari Sabtu dan Minggu. Dia mengaku, sebenarnya saat ini masih bekerja di salah satu perusahaan swasta yang bergerak di bidang saham.

Namun, karena sudah sekitar empat bulan terakhir tidak mendapatkan klien, maka Asrofi berusaha mencari pekerjaan tambahan untuk hari Sabtu dan Minggu demi bisa menutup kebutuhan sehari-hari.

Asrofi berharap bahwa nantinya bisa bekerja sambil menjalankan aktivitas kuliahnya. Diketahui Asrofi juga masih berkuliah dan tentunya juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Dia juga menjelaskan alasan berdiri di JPO Grogol pada Rabu (5/7/2017) lalu. Menurut Asrofi, dengan cara itu, maka akan banyak masyarakat yang melihatya. Harapannya, akan ada masyarakat yang akan membantu.

Upaya Asrofi itu tak sia-sia. Peluang mendapat pekerjaan tambahan seperti yang diinginkan pun lebih terbuka. Menurut dia, saat ini sudah banyak yang menawarkan pekerjaan kepadanya berkat kegigihannya tersebut.

Jika kamu juga para pencari kerja yang sedang bergelut dengan kerumitan dan kesulitan mencari pekerjaan, mungkin kamu bisa meniru cara yang dilakukan oleh Asrofi, atau dengan melakukan beberapa tips mudah untuk mencari pekerjaan di bawah ini:

  1. Menggunakan koneksi dari keluarga. Jika kamu biasanya malas menghadiri acara keluarga atau arisan kini rajin-rajinlah datang. Siapa tahu di perusahaan tempat sepupu atau saudara lain bekerja ada lowongan sedang dibuka namun tidak diumumkan kepada publik.
  2. Menggunakan relasi komunitas. Aktif di kumunitas yang saat ini kamu geluti juga sangat berpengaruh karena kamu bisa bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang pekerjaan. Dari sini kamu bisa menciptakan jaringan kerja dan mendapatkan informasi bermanfaat.
  3. Temui Kakak Kelas atau Alumni yang Berlatar Belakang Pendidikan Sama. Siapa tahu dari sekedar reuni dan bincang-bincang kamu bisa mendapatkan informasi pekerjaan yang sesuai dengan skill kamu.
  4. Surat Kabar. Cobalah untuk berlangganan surat kabar dan supaya lebih menghemat pengeluaran berlanggananlah surat kabar khusus hari sabtu dan minggu karena pada kedua hari tersebut banyak memuat iklan lowongan kerja dibandingkan hari-hari biasa.
  5. Internet. Kamu bisa browsing di internet dan bergabung dengan situs-situs pencari kerja seperti jobloker.com

Dengan mencoba beberapa tips di atas, mungkin saja peluang pekerjaan kamu akan terbuka lebar. Siapa tahu, setelah menerapkan tips di atas banyak pekerjaan yang sesuai yang bisa kamu lamar dan jadi pekerjaan kamu di waktu mendatang. Selamat mencoba.

 

 

Shares

Powered by moviekillers.com