Apa Jadinya Bila Kamu Duduk Di Bangku Ini

Sebuah bangku atau tempat duduk, biasanya di desain dan di buat untuk kenyamanan penggunanya. Hal ini tentunya dikarenakan, kursi adalah tempat duduk yang digunakan untuk melepas rasa lelah usai berjalan dalam jarak yang jauh atau bersantai ketika jenuh dengan aktivitas yang dilakukan selama seharian penuh.

Dari banyaknya model kursi yang ada di pasaran, dan bentuk-bentuk kursi yang disesuaikan dengan tempat di mana kursi itu akan digunakan. Tentu akan memiliki model yang berbeda-beda bukan?

Namun jika pada umumnya, kursi berfungsi untuk hal-hal semacam itu. Kursi di dalam kendaraan umum ini justru memiliki bentuk yang aneh. Lantas, alasan apa yang membuat kursi dengan bentuk aneh ini dibuat dan diletakkan di dalam kendaraan umum? Padahal kursi ini sebenarnya memiliki bentuk yang kurang sopan dan tidak enak untuk dipandang.

Sebuah bus metro di Kota Meksiko ini, dipasangi dengan kursi yang disebut kursi “seksis.” Kursi ini dilengkapi dengan bentuk bagian yang lembek pada alas dudukannya yang menyerupai persis seperti alat kelamin pria. Hal ini dilakukan terkait dengan sorotan pelecehan seksual yang kerap terjadi setiap harinya di alat transportasi umum tersebut.

http://pekanbaru.tribunnews.com/2017/03/25/kampanye-pelecehan-seksual-bangku-trasportasi-umum-ini-memiliki-kepunyaan-pria

Jika diamati secara cermat, kursi ini telah dimodifikasi dengan bentuk badan seorang pria, termasuk dada, puting, dan bentuk alat kelamin pria. Tempat duduk ini hanya dikhususkan bagi kaum pria dengan tujuan untuk membuat mereka merasa tidak nyaman, seperti halnya perempuan yang telah mengalami pelecehan seksual saat sedang berada di alat transportasi umum.

Meski kursi ini juga memiliki bentuk yang terbilang cukup vulgar, mengingat transportasi umum banyak digunakan oleh berbagai kalangan usia. Kursi ini justru sedikit demi sedikit mampu mengurangi angka pelecehan seksual yang sudah cukup meresahkan terjadi di kota ini.

Nyatanya, eksperimen tempat duduk ini menyebabkan rasa ketidaknyamanan dan menyebabkan kejutan bagi para penumpang alat transportasi umum ini. Bahkan bukan hanya pria saja yang terkejut, tetapi banyak penumpang wanita yang juga ikut terkejut melihat penampilan kursi yang satu ini. Wajar saja hal itu terjadi, karena kursi ini menampilkan bagian tubuh pribadi milik pria.

Hal ini disertai dengan tanda yang mengatakan “eksklusif untuk pria dan pemberitahuan melekat pada lantai yang berbunyi: “. Ini tidak nyaman untuk duduk di sini tapi tidak dibandingkan dengan kekerasan seksual yang perempuan derita dalam kehidupan sehari-hari mereka.”

Kampanye kesadaran disertai dengan video lucu itu menunjukkan penumpang yang mengalami kebingungan saat berada di kereta yang ramai dan ingin duduk di kursi yang tidak biasa itu tetapi tidak dapat melakukannya karena membuat ketidaknyamanan fisik atau mental. Banyak di antara mereka yang memilih berdiri daripada duduk di kursi tersebut.

Video yang beredar itu, disimpulkan dengan pesan yang kuat yaitu: “9 dari 10 perempuan di Mexico City telah menjadi korban dari beberapa bentuk kekerasan seksual.”

Tim di belakang kursi Metro ‘seksis’ merupakan tim yang juga bertanggung jawab dengan kampanye yang serupa di mana bokong pria akan direkam dan diproyeksikan ke layar di stasiun bawah tanah kota untuk memerangi chauvinisme pria.

Meski bangku kursi tersebut ditujukan untuk memerangi dan kampanye anti pelecehan seksual di dalam transportasi umum. Sepertinya bentuk kursi tersebut malah bisa membuat dampak negatif bagi orang lain. Meski berhasil memerangi pelecehan seksual, mungkin saja permasalahan baru bisa saja timbul karena adanya modifikasi kursi dengan bentuk yang kurang sopan tersebut.

Mungkin jika hal tersebut terjadi di Indonesia, pastilah akan menimbulkan kontrovesi pro dan kontra terkait dnegan bentuk kursi yang terbilang nyeleneh ini. Namun karena hal ini terjadi di negara lain, mungkin tidak akan menjadikan masalah apapun bagi yang lainnya. Karena di belahan negara lainnya selain Indonesia menganut paham kebebasan.

Semoga saja sisi positif yang diharapkan oleh banyak orang untuk memerangi pelecehan seksual di angkutan umum dapat berkurang dan perlahan hilang. Karena jika pelecehan tetap terus terjadi, akan banyak orang yang merasa dirugikan karena ulah-ulah orang yang tidak bertanggung jawab itu.

 

Shares

Powered by moviekillers.com