Ada Nenek Suka Makan Rumput. Gimana Rasanya?

Namanya manusia pastilah membutuhkan makanan. Karena makanan menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Tanpa asupan, tubuh manusia akan terasa lemas dan tidak berdaya. Bahkan, manusia tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itulah, makanan menjadi hal yang penting bagi tubuh manusia.

Jika pada umumnya manusia memakan makanan-makanan yang wajar, seperti nasi, sayuran, lauk pauk, dan lain sebagainya. Justru hal berbeda dirasakan oleh seorang nenek di daerah Jember ini. Nenek Rokayah, warga asal Dusun Krajan B, RT.02,RW.07, Desa Gambirono, Kecamatan Bangsalsari, Jember ini. Mendadak menjadi viral, lantaran adanya pemberitaan jika Nenek Rokayah merupakan seorang pemakan rumput.

Bukankah rumput hanya akan dimakan oleh hewan-hewan, seperti sapi atau kambing? Tetapi mengapa seorang manusia bisa memakan rumput untuk makanan sehari-harinya? Cukup aneh bukan?

Kabar Nenek Rokhayah si pemakan rumput tersebar luas lantaran unggahan beberapa orang di sosial media. Kabarnya, Nenek Rokayah terpaksa memakan rumput untuk memenuhi kebutuhan makannya sehari-hari karena tidak adanya bahan makanan yang bisa dia makan. Akhirnya sang nenek memilih untuk memakan rumput.

Namun ternyata usut punya usut, setelah netizen heboh karena berita tersebut. Nyatanya Nenek Rokayah diketahui bukannya benar-benar memakan rumput seperti yang dikabarkan oleh netizen. Kabaghumas Pemkab Jember Sri Wahyuniatik menjelaskan, Rokayah memakan jenis dedaunan yang biasa disebut dengan sembukan, jadi bukannya rumput yang dimakan.

Setelah berita ini tersebar, Bupati Jember Faida, terkejut membaca kabar berita yang tersebar seputar hal tersebut. Terlebih lagi, Bupati Faida memang memfokuskan kinerjanya pada pengentasan kaum dhuafa di daerah Jember. Jadi, ketika berita itu muncul beliau langsung mencoba untuk mencari tahu.

Setelah melakukan penyelidikan lebih lanjut, diketahui bahwa Rokayah pernah memakan daun sembukan waktu itu, dan mengalami masalah pada pencernaannya. Akhirnya, Rokayah berhenti untuk mengkonsumsi daun sembukan tersebut.

Dinas Sosial (Dinsos) Jember mengimbuhkan bahwa Nenek Rokayah, Janda miskin yang hidup sebatang kara tersebut memang terdaftar sebagai penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Bahkan, tidak hanya berhenti sampai disitu saja, Rokhayah juga diberikan tawaran untuk tinggal di Panti Jompo saja dengan begitu jaminan hidupnya akan ditanggung oleh negara. Meski begitu, Rokayah tetap bersikukuh untuk tetap tinggal di rumahnya sendiri.

Persoalan kehidupan Rokayah yang serba kekurangan dan pas-pasan. Banyak juga tetangga Rokayah yang berbaik hati dan saling memberikan bantuan kepada Rokayah. Sehingga, dari bantuan tersebut Rokayah sedikit banyak juga dapat terbantu. Salah satu tetangga Rokayah menuturkan, bahwa memang benar kondisi Rokayah seperti itu. Namun, jika sampai makan rumput, hal ini sama sekali dibantah oleh tetangga Rokayah.

Kabar seorang nenek pemakan rumput ini pun sempat ramai diperbincangkan. Berita ini memang sebelumnya masih bersifat simpang siur. Bahkan banyak yang mengira bahwa berita tentang nenek pemakan rumput ini sempat dicurigai merupakan berita hoax atau berita palsu. Banyak yang tidak memercayai berita tersebut, meski tetap banyak juga yang merasa penasaran terkait berita tersebut.

Beberapa wartawan pun sudah mengklarifikasi kabar tersebut, dan memang benar dari bukti rekaman sang nenek Rokayah memang memakan rumput jika benar-benar tidak memiliki makanan yang tidak dapat dikonsumsi. Sehingga dia terpaksa memakan rumput untuk menahan lapar. Namun tentunya hal tersebut tidak dilakukannya setiap hari.

Hal ini diperkuat dengan pernyataan Nenek Rokayah yang mengaku malu jika sampai harus meminjam uang kepada tetangga. Berdasarkan hal tersebut tentunya para awak media tidak melanggar kode etik jurnalistik, terkait dengan pemberitaan tersebut. Karena ada bukti rekaman dan pernyataan secara langsung dari yang bersangkutan.

Selain mengundang rasa simpati kepada nenek berusia 87 tahun ini. Pasangan artis Anang dan Ashanty ini, begitu tertarik untuk mengunjungi Nenek Rokayah. Setelah melakukan kunjungan tersebut, tak lupa Ashanty membagikan moment kebersamaan mereka di sosial media miliknya.

Postingan foto tersebut diselipkan caption yang berbunyi:

Ini mbah sulimah/rokayah dijember.. yg diberitakan makan rumput,” tulis Ashanty. “Tadi pas ketemu ditanya knp makan rumput?? Kadang jawabnya senyum, kadang bilang ngga makan ’emang embek’ sambil bercanda ngomongnya.
Menurut unggahan foto beserta caption yang diunggah oleh Ashanty, saat ini Nenek Rokayah sudah dipindahkan ke Dinas Sosial untuk ditangani lebih lanjut. Well, semoga Nenek Rokayah bisa hidup jauh lebih baik dan selalu sehat ya.

Shares

Powered by moviekillers.com