5 Tips Untuk Menjaga Imun Anak Tetap Kuat Dan Tak Mudah Sakit

Tubuh anak menjadi rentan terhadap penyakit di saat cuaca tak menentu seperti sekarang. Agar imun anak sehat dan tak mudah sakit berikut 5 langkah yang dapat Bunda lakukan memasuki cuaca yang sering berubah-ubah. Yuk, terapkan tips berikut:

1. Ajak olahraga bersama
Menurut penelitian, anak yang mengalami kelebihan berat badan beresiko 2 kali lebih tinggi untuk terserang infeksi dibandingkan mereka yang berat badannya proporsional. Yuk ajak anak bergerak dan berolahraga bersama sebab salah satu fungsi dari latihan fisik adalah meningkatkan kemampuan sel darah putih melawan infeksi. Bunda khawatir tidak bisa mengajak olahraga karena cuaca? Bunda bisa mengajak si kecil berolahraga atau bergerak di dalam rumah. Misalnya senam pagi di depan tv bersama-sama, atau sekedar memutar musik dan berjoget bersama. Si kecil juga pasti suka dengan cara yang terakhir ini.

Sumber Foto : merries.co.id

2. Sediakan Makanan Sehat
Pastikan anak Bunda mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran sehat setiap hari. Karena buah-buahan dan sayuran ini mengandung Vit c dan Antioksidan yang merupakan nutrisi alami untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sediakan buah-buahan dan sayuran yang mudah di temui dan juga harganya terjangkau seperti pepaya, jambu biji, brokoli, tomat dan ubi jalar. Jadikan sebagai kudapan sore atau cemilan si kecil di sela-sela aktivitasnya.

Sumber Foto : pictame.com

3. Kurangi Asupan Gula
Tahukah Bunda bahwa membiarkan anak mengkonsumsi banyak makanan manis dan bergula akan melemahkan sistem kekebalan tubuh dan kemampuan tubuh melawan kuman. Menurut penelitian 1 sendok teh gula dapat menekan sistem kekebalan tubuh hingga 4 jam lamanya. Oleh sebab itu, batasi asupan gula si kecil ya agar si kecil tetap sehat, ceria dan aktif di masa-masa pertumbuhannya.

Sumber Foto : panosplatritis.com

4. Pola tidur teratur
Jika pada orang dewasa kurang tidur dapat menyebabkan berbagai macam keluhan kesehatan, maka hal tersebut juga dapat terjadi pada si kecil.
Pastikan anak memiliki jadwal tidur yang teratur, ajak juga anak untuk tidur siang dan hindari begadang. Sebisa mungkin hindari anak bermain dengan handphone atau gadget menjelang waktu istirahatnya. Dengan pola tidur teratur si kecil juga memiliki kekebalan tubuh yang kuat dan terhindar dari serangan penyakit.

Sumber Foto : webconsultas.com

5. Menjaga kebersihan di rumah
Selain 4 hal di atas, Bunda juga perlu memperhatikan kebiasaan si kecil. Pastikan ia selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah kembali dari sekolah atau bermain dari luar rumah. Jika bepergian selalu sediakan tissue basah untuk berjaga-jaga jika si kecil membutuhkannya.

Sumber Foto : shutterstock.com

Nah itu dia 5 tips untuk menjaga imun anak tetap kuat dan tak mudah sakit.
Semoga si kecil tetap sehat, ceria dan aktif ya Bunda. 🙂

Shares

Powered by moviekillers.com