5 Langkah Menentukan Perguruan Tinggi Agar Kuliahmu Sukses

Setelah usai ujian sekolah, kamu pasti mulai sibuk dengan kegiatan baru yaitu memilih perguruan tinggi.
Banyaknya perguruan tinggi Negeri maupun swasta saat ini pastinya buat kamu bingung kan?

Memilih perguruan tinggi tentunya bukan hal yang sepele. Hal ini harus di pikirkan matang-matang bahkan kadang harus turut serta mendengar pendapat dari orang tuamu.
Kamu harus hati-hati dalam memilih perguruan tinggi, jangan sampai pada akhirnya kamu menyesal atau bahkan tidak dapat menyesuaikan diri di kampus. Begitu pun dengan jurusan yang akan kamu pilih. Kamu harus menyesuaikannya dengan bakat dan kemampuanmu.

Berikut ini Senyum.com berikan tips 5 Langkah Menentukan Perguruan Tinggi Agar Kuliahmu Sukses

1. Sesuaikan bakat, minat dan cita-citamu
Kalau kamu punya cita-cita dari kamu kecil atau mungkin baru terpikirkan ketika duduk di bangku sekolah, maka hal itu harus menjadi pertimbangan kamu dalam memilih jurusan. Karena tentunya jurusan yang kamu pilih akan membantu kamu menggapai cita-citamu. Jangan salah memilih jurusan Sastra jika kamu awalnya ingin menjadi seorang Perawat ya. Kan nggak lucu, 😀
Selain itu sesuaikan juga minat dan bakatmu. Hal ini berkaitan dengan kemampuanmu. Jika kamu memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatmu maka kamu akan mudah dan nyaman dalam perkuliahan nanti. Kuliah pun akan terasa menyenangkan dan tidak akan merasa salah pilih jurusan.

2. Cari tahu informasi sebanyak mungkin
Kamu harus mulai mencari informasi mengenai jurusan yang kamu minati, dan juga kemungkinan untuk jurusan lain. Kamu bisa mulai bertanya ke teman-teman kamu yang juga akan melanjutkan ke perguruan tinggi, ke keluarga, guru, dan tentunya orang tua. Untuk mengumpulkan informasi di era digital saat ini sangat mudah, kamu bisa langsung mengunjungi situs website milik perguruan tinggi yang kamu minati. Biasanya di dalam website tersebut akan dijelaskan detail jurusan yang ada di dalamnya. So, dari situ kamu bisa tahu lebih dalam mengenai jurusan yang akan kamu pilih. Bahkan beberapa perguruan tinggi biasanya menggelar seminar atau sekedar booth pendaftaran untuk perkenalan kepada calon mahasiswanya. Kamu bisa ikut seminar atau datang ke booth tersebut dan bisa langsung tanya-tanya. Banyak perguruan tinggi juga yang saat ini ikatan alumninya sudah resmi dan memiliki website sendiri, kamu tentunya bisa menjadikan ini sebagai refrensi kamu dalam memilih perguruan tinggi.

3. Pertimbangkan Lokasi dan Biaya
Nah hal yang satu ini tentunya menjadi faktor penting juga nih. Untuk Lokasi, kamu mungkin bisa saja memilih perguruan tinggi yang berada di luar kota tempat tinggalmu. Namun kamu harus tetap melihat dari sisi biayanya. Apakah hal tersebut memberatkan orang tuamu atau tidak, dan kamu sendiri apakah mampu jika tinggal jauh dari orang tuamu. Jika kamu memilih perguruan tinggi yang berada di kota tempat tinggalmu, maka kamu tinggal mempertimbangkan dari segi biaya. Kalau kamu masih khawatir soal biaya, kamu bisa mencari beasiswa atau mengajukan keringanan biaya kuliah. Bahkan di kota-kota besar banyak mahasiswa yang kuliah sambil kerja part time. Lumayan kan bisa membantu biaya kuliah. Untuk menggapai cita-citamu tentunya kamu harus berusaha lebih keras. Namun yakinlah setiap kamu berusaha pasti akan ada jalan kok.

4. Cari Informasi Kuota Penerimaan
Kamu harus tahu berapa jumlah kuota penerimaan di perguruan tinggi tujuan kamu, serta kuota penerimaan di jurusan yang kamu pilih. Dengan informasi ini, kamu juga memperkirakan apakah kamu akan diterima di perguruan tinggi tersebut. Namun jangan jadikan hal ini memberatkan kamu, kamu bisa memilih banyak perguruan tinggi dengan jurusan yang sesuai pilihan dan kemampuanmu.
Selain itu kamu juga bisa menentukan apa yang bisa kamu lakukan untuk bisa lolos ke perguruan tinggi tersebut. Misalnya dengan mengikuti les tambahan dan menambah jam belajar demi mengikuti tes di perguruan tinggi tersebut.

5. Masa Depan
Kamu harus bisa membayangkan masa depan kamu setelah kamu menyelesaikan kuliah. Pekerjaan apa yang akan kamu lakukan dan juga bagaimana kamu mulai meniti karir. Masuk ke bangku perkuliahan bukan semata-mata kamu belajar seperti kamu menghabiskan 12 tahun sebelumnya. Di masa kuliah kamu akan di anggap sebagai seorang yang sudah cukup dewasa untuk mempertanggung jawabkan apa yang kamu lakukan. Persaingan yang ketat dalam dunia pekerjaan juga harus menjadi pertimbangan kamu memilih perguruan tinggi. Karena beberapa perusahaan masih menjadikan latar belakang pendidikan sebagai hal penting seperti berasal dari perguruan tinggi swasta atau negeri, kemudian akreditasi kampus dan jurusan. Namun jangan berkecil hati jika memang kamu pada akhirnya tidak bisa masuk ke perguruan tinggi yang latar belakangnya bagus. Banyak perusahaan juga yang saat ini melakukan seleksi secara adil dengan melihat kemampuan dan softskill. Jika kamu memang kompeten, berani, dan mampu lebih baik daipada yang lainnya maka kamu akan pantas untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang bagus.

Pada saat kuliah kamu akan banyak belajar dalam segala hal. Bukan hanya semata-mata nilai akademis kamu yang akan menjadi modal kamu untuk masa depan, namun juga dari skill dan sikap kamu. Maka pertimbangkan baik-baik pilihanmu akan masuk ke perguruan tinggi mana dan memilih jurusan apa.

Shares

Powered by moviekillers.com